Beberapa tips lari untuk pemula

Tips lari untuk pemula memang berbeda beda antara setiap orang. Namun kamu bisa mencoba beberapa tips lari sederhana yang bisa langsung kamu pahami dan laksanakan.

Beberapa tips lari untuk pemula

Menjaga nafas. Teknik bernafas saat berlari sebenarnya lebih ke pola antara dalamnya penarikan nafas dan ritmenya. Bernafas yang baik dalam berlari yaitu menarik nafas dalam dalam agak lama dengan tujuan untuk memperbanyak volume udara yang masuk ke paru paru dalam satu hembusan. Pengaturan ritme, penarikan nafas dan kecepatan berlari tentu berbeda beda untuk setiap orang sesuai dengan kemampuannya masing masing. Hal ini dilakukan untuk merasakan pengaruh kelipatan ritme terhadap banyaknya volume udara yang masuk.

tips lari untuk pemula

Memperhatikan postur tubuh. Postur tubuh yang benar saat berlari bisa membantu menghemat tenaga sehingga tidak cepat lelah. Postur tubuh yang benar saat berlari yaitu badan sedikit miring ke depan, dengan memiringkan badan sedikit ke depan maka kaki tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga karena memanfaatkan gravitasi sebagai dorongan untuk berlari. Posisi badan harus lurus dan tidak bengkok, posisi badan yang lurus bisa memperluas ruang perut dan dada sehingga mempermudah pernafasan. Perut yang lurus juga bisa mencegah kram perut yang sering terjadi pada pelari awal atau pelari pemula. Kepala yang tegak akan memudahkan pernafasan karena membuat tenggorokan tetap terbuka lebar.

Mengatur irama nafas. Strategi yang sering dilakukan oleh atlet lari adalah mengatur ritme nafas yang konsisten. Misalnya yaitu ada 2 orang pelari, pelari yang satu mengambil nafas ketika melakukan 2 kali melangkah sedangkan pelari kedua mengambil nafas ketika melakukan 3 kali langkah. Hal ini dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh masing masing.

tips lari dasar

Lebih mendengarkan nafas. Ketika bernafas, dengarkan secara seksama apakah mulai terengah engah atau tidak. Jika sudah mulai terengah engah maka kurangi kecepatan lari, dan apabila nafas sudah normal maka tingkatkan kecepatan lari secara perlahan lahan. Kemampuan dalam mengatur tempo atau ritme lari memanglah tidak mudah, dibutuhkan latihan yang serius agar berlari bisa fokus dan terbiasa agara tidak mudah ngos ngosan saat berlari.

Demikian informasi mengenai beberapa tips lari untuk pemula. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai tips olahraga dasar untuk pemula.

 

Beberapa tips lari untuk pemula | | 4.5