Berbagai teori psikologi kepribadian

Teori Teori Psikologi Kepribadian

Teori psikologi kepribadian pertama oleh piaget. Tahapan Pengembangan Kognitif.
Teori Jean Piaget menjelaskan bahwa perkembangan kognitif tetap salah satu yang paling sering dikutip dalam psikologi, meskipun menjadi subjek kritik. Sementara banyak aspek teori tersebut tidak teruji oleh waktu, namun ide intinya tetap menjadi salah satu isu penting hari ini dalam dunia psikologi kepribadian. Anak-anak berpikir berbeda dengan orang dewasa.

psikologi kepribadian manusia seperti

Tahapan pembangunan psikoseksual oleh Freud
Freud menjadi salah satu pemikir terbaik di bidang pengembangan kepribadian, Dan Sigmund Freud tetap menjadi salah satu yang paling kontroversial. Pada tahap teori tentang perkembangan psikoseksual, Freud menyarankan bahwa kepribadian berkembang secara bertahap yang berkaitan dengan hal hal erotis tertentu. Kegagalan untuk bisa berhasil dalam tahap ini, bisa menyebabkan masalah kepribadian di masa dewasa.
Teori freud tentang structural model kepribadian  
Konsep Freud tentang identitas, ego dan superego telah menjadi terkenal dalam budaya populer, meski kurangnya dukungan dari banyak peneliti. Menurut Freud, ada tiga unsur dari kepribadian-seperti id, ego, dan superego yang bekerja sama untuk menciptakan perilaku manusia yang kompleks.

psikologi kepribadian manusia
Teori Erikson tentang tahapan pembangungan psikososial  
Teori Erik Erikson ini lebih fokus pada pentingnya hubungan sosial pada pengembangan kepribadian. Teori Erikson ini melampaui masa kanak-kanak untuk melihat perkembangan di seluruh umur.
Teori psikologi kepribadian kelima oleh Kohlberg. Teori Kohlberg tentang tahapan pembangunan moral  
Lawrence Kohlberg mengembangkan teori pengembangan psikologi kepribadian yang fokus pada pertumbuhan pemikiran moral. Pada teori Piaget, hanya ada dua tahap namun Kohlberg memperluas teori untuk meliputi enam tahapan yang berbeda. Sementara teori tersebut banyak dikritik karena beberapa alasan yang berbeda, termasuk kemungkinan bahwa ia tidak memikirkan jenis kelamin yang berbeda dan budaya yang sama, namun teori Kohlberg tetap penting dalam pemahaman tentang pengembangan psikologi kepribadian.

psikologi kepribadian

Demikian informasi mengenai Berbagai teori psikologi kepribadian. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai berbagai manfaat mempelajari psikologi perkembangan.

Berbagai teori psikologi kepribadian | | 4.5