Berbagai tips melahirkan normal

Di bawah ini adalah beberapa tips melahirkan normal yang bisa calon ibu lakukan.

Tips melahirkan normal tanpa buang banyak biaya

Tips melahirkan normal yang pertama yaitu mempersiapkan diri sebelum persalinan.

Hal pertama yang penting anda lakukan adalah membuat diri anda yakin bahwa proses persalinan yang akan anda jalani akan berjalan dengan baik seiring dengan persiapan yang telah anda lakukan. Mempersiapkan diri dengan sering melakukan pijatan premium yang dilakukan pada bulan-bulan akhir trimester ketiga atau dengan senam kegel untuk melatih otot-otot di lubang pengeluaran.

Pandai memilih tempat yang sesuai dengan keinginan anda sehingga bisa membuat anda nyaman.

Pemilihan tempat merupakan salah satu faktor untuk persalinan normal. Dengan memilih tempat tidur yang tidak terlalu  sempit dan menggangu proses persalinan, suasana yang terlalu ramai mungkin akan membuat anda tidak rileks dan membuat anda cemas berlebih yang bisa mengganggu proses persalinan.

tips melahirkan normal

Tips melahirkan normal yang ketiga yaitu Hindari kelelahan berlebih saat mendekati masa persalinan

Salah satu penyebab terjadinya episiotomi adalah adanya gangguan pada ibu hamil, baik gangguan ringan ataupun berat. Gangguan ringan seperti kelelahan bisa menjadi salah satu alasan dilakukan pengguntingan atau robekan (episiotomi). Untuk mencegah hal tersebut kurangi aktivitas berlebih yang menghabiskan tenaga saat mendekati masa persalinan. Selalu istirahat yang cukup dengan menjaga asupan nutrisi dan vitamin yang cukup saat menjelang persalinan.

Melakukan gerakan yang ringan ringan saja untuk melatih otot

Gerakan ringan yang perlu dilakukan pada trimester atau tiga bulan terakhir yaitu dengan melakukan gerakan kepala, dahi dan hidung sehingga menyentuh lantai dan begitu juga dengan latihan tangan, lutut dan jari-jari kaki yang ikut menyentuh lantai. Hal ini bisa membantu bayi anda memasuki posisi terbaik dan mendorong bayi sehingga meminimalisir keadaan sungsang ketika bayi lahir. Anda juga bisa berjalan sebanyak yang anda sanggup melakukannya. Ketika melakukan posisi jongkok sebaiknya menggunakan bantuan dengan berpegang pada benda yang kuat di samping anda disertai dengan ayah yang selalu mendampingi anda.

Tips melahirkan normal yang kelima yaitu Sering menggunakan aromaterapi untuk membuat anda rileks

Saat melakukan pemijatan perineum dengan minyak zaitun atau minyak bunga (aroma terapi) bisa membantu peregangan otot dan juga bisa membuat suasana yang lebih nyaman dan ketenangan mendekati saat persalinan.

tips melahirkan normal tanpa biaya

Mengkonsumsi alpukat dan minyak zaitun untuk membantu peregangan

Dengan mengkonsumsi alpukat dan minyak zaitun bisa membantu peregangan kulit anda dari dalam. Juga dengan mengkonsumsi teh daun raspberry selama 3 bulan terakhir sebanyak 2 cangkir setiap hari akan membuat proses persalinan lebih mudah dan tenang karena membantu kontraksi lebih produktif .

Usahakan untuk tidak mengangkat bokong saat persalinan

Mengangkat bokong atau pantat ketika proses persalinan akan menyebabkan terjadinya robekan jalan lahir bayi yang lebih luas. Hal ini bisa terjadi karena apabila bokong anda terangkat, tidak ada penyangga sehingga akan menyebabkan otot mudah terkoyak.

Demikian informasi mengenai berbagai tips melahirkan normal. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai tips latihan 7 menit bakar lemak.

Berbagai tips melahirkan normal | | 4.5