Berbagai tips renang untuk pemula

Tips renang untuk pemula memang itu ke itu saja, yang penting adalah bagaimana keinginan kuat dan didukung oleh praktek dari instruktur renang yang benar. Berikut ini ada beberapa tips renang yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu sebelum terjun ke kolam renang.

tips renang untuk pemula

Beberapa tips renang untuk pemula yang mudah dipelajari

Ketahui dulu alasan belajar berenang. Apakah rasa takut tenggelam atau hal lain? Jika alasan utama anda adalah rasa takut maka hilangkan dulu rasa takut tersebut dan jadikan rasa takut itu menjadi tantangan. Ingat bahwa disebelah anda ada seorang instruktur renang yang bisa menjaga dan membimbing anda sampai anda bisa berenang. Untuk tahap awal, pilih kolam yang dangkal disertai dengan pelampung. Bergerak geraklah terlebih dahulu di kolam agar mendapatkan rasa nyaman.

Ketahui cara mengambil nafas yang benar. Cara bernafas yang benar saat berenang adalah dengan menghirup lewat mulut dan mengeluarkannya dari hidung. Terus latih teknik bernafas ini sehingga ketika sudah terjun ke air mekanisme pernafasan ini sudah otomatis tanpa harus dipikirkan dan diperintah dulu.

beberapa tips renang untuk pemula

Berlatihlah mengambang. Mulailah dengan kolam yang setinggi leher anda. Letakkan tangan di sebelah sisi badan anda untuk menjaga badan agar tetap dalam posisi tegak. Buat gerakan melingkar sambil memukul air ke bawah secara ringan saja untuk menjaga badan tetap berada di atas satu tangan terlebih dahulu bari diikuti tangan yang lainnya. Untuk membantu kepala anda untuk tetap berada di atas air, gerakkan kaki anda seperti menendang ke bawah untuk menjaga posisi kepala agar tetap diatas.

Ketahui cara meluncur. Posisi berdiri dengan kaki kanan ditempelkan ke dinding kolam. Kedua tangan diletakkan sejajar ke depan. Tendang ke belakang sehingga badan mulai meluncur, luruskan badan dan usahakan badan berada dekat dengan permukaan air (jangan terlalu dalam posisi meluncurnya)  biarkan badan maju secara perlahan tanpa gaya apapun. Jika benar benar berhenti, naikkan kepala untuk mengambil nafas.

tips renang untuk pemula yang mudah dilakukan

Setelah mengetahui gaya meluncur, mulai lah mengenal beberapa gaya renang seperti gaya dada atau gaya katak, Gaya Kupu-kupu, Gaya Punggung dan Gaya Bebas. Yang paling mudah adalah gaya katak dan yang paling sulit adalah gaya kupu kupu.

Demikian informasi mengenai berbagai tips renang untuk pemula. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai cara menjaga kesehatan kulit wajah secara alami.

Berbagai tips renang untuk pemula | | 4.5