Cara menangani mata juling pada anak

Setiap orangtua harus tahu cara menangani mata juling pada anak. Mata juling atau strabismus adalah kondisi salah satu atau kedua bola mata yang tidak sejajar, ada yang mengarah ke arah dalam (esotropia), ke arah luar (eksotropia), ke atas (hipertropia), atau ke bawah (hipotropia). Hal ini bisa terjadi misalnya ketika anak lelah melihat benda dalam jarak sangat dekat.

Mata juling ini bisa terjadi saat anak lahir atau timbul saat masa kanak kanak. Saat posisi bola mata tidak sejajar, bola mata yang lebih ‘lurus’ menjadi dominan dan menunjukkan hubungan mata dengan otak masih normal dan berfungsi seperti biasanya. Sedangkan bola mata yang tidak sejajar atau mata yang lebih ‘lemah’, tidak dapat fokus dengan baik dan jalinan ke otak tidak terbentuk dengan benar.

Jika mata juling ini tetap dibiarkan, maka secara bertahap otak akan tidak memedulikan gambar yang diterima oleh mata yang lebih lemah sehingga bisa menimbulkan mata malas. Ketika mata malas diderita anak, maak mata tidak mampu fokus pada detil benda yang dilihat atau dapat menimbulkan hilangnya pengllihatan secara permanen.

Cara menangani mata juling pada anak

Beberapa cara menangani mata juling pada anak.

Jika usia anak masih dibawah 5 tahun, maka bisa di berikan kacamata khusus atau dengan operasi.

Jika sudah terjadi mata malas dan juling, dokter akan memakaikan penutup mata ala bajak laut pada mata yang lebih lurus. Penutup mata ini dapat menghalangi cahaya atau tekanan pada mata yang lebih lemah untuk melihat lebih jelas. Dan seiring dengan waktu, penutup mata ini dapat membantu memperkuat penglihatan pada mata yang lebih lemah sehingga memperbaiki ketidaksejajaran bola mata.

Ibu dan ayah bisa memasang penutup mata ini ketika anak mulai beraktivitas di siang hari selama 4 jam setiap harinya selama beberapa bulan atau beberapa tahun sesuai dengan kondisi yang dialami anak.

Ketika ibu dan ayah menemukan gejala mata juling pada anak, segera bawa dan konsultasikan ke dokter untuk merencanakan upaya penagnanan yang tepat agar posisi bola mata anak menjadi normal.

Demikian informasi mengenai Cara menangani mata juling pada anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai obat batuk alami untuk ibu hamil dan menyusui.

Cara menangani mata juling pada anak | | 4.5