Cara mencegah anak menggunakan obat terlarang narkoba

Sebagai orangtua perlu tahu cara mencegah anak menggunakan obat terlarang narkoba. Ada hal hal yang perlu orangtua pelajari mengenai dampak buruk narkoba agar orangtua sadar dan memberikan perhatian lebih pada anak sehingga anak tidak mencari pelarian dengan menggunakan narkoba.

Cara mencegah anak menggunakan obat terlarang narkoba

Beberapa cara mencegah anak menggunakan obat terlarang narkoba.

1.Memberi informasi pada anak tentang dampak buruk narkoba

Orangtua dan anak harus masing masing tahu tentang dampak buruk yang diberikan narkoba, baik itu jenisnya, gejala penggunaan dan dampak tragisnya bagi kehidupan seseorang.

2.Orangtua perlu mengawasi pergaulan anak

Di jaman sekarang ini, pergaulan anak semakin bebas dan maju sehingga orangtua sering tidak dapat mengikutinya. Penting juga bagi orangtua untuk bersikap protektif pada usia remaja dibarengi dengan rasa kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan pada anak. Sangat penting untuk dekat pada anak pada usia remaja, karena di usia ini mereka sangat rentan dan mudah terpengaruh dengan teman dan lingkungan sekitarnya.

3.Memberi was was pada anak untuk tidak pernah coba coba dalam menggunakan narkoba dan tidak menggunakan atau memakan pemberian gratis dari orang lain.

4.Orangtua harus mengetahui perubahan sikap anak di rumah.

Setiap penggunaan narkoba akan berefek pada perubahan sikap penggunanya, sehingga jika orangtua melihat ada perubahan signifikan dalam sikap anak. Tanyalah dengan lembut dan penuh kasih sayang agar anak terbuka. Jika terbukti anak menggunakan narkoba, langsung menghakimi anak. Langsunglah membawa anak untuk direhabilitas.

5.Ciptakan suasana rumah yang penuh kehangatan.

Jadilah orangtua yang dekat dengan anak, orangtua yang jadi sahabat anak, tempat anak mencurahkan perasaan mereka. Ajarkan juga pada setiap anggota keluarga, bahwa keadaan dirumah yang hangat akan menjadikan setiap anggota keluarga menjadi tenang dan menjadi kuat menghadapi lingkungan luar yang keras.

6.Tanamkan pemahaman yang benar tentang agama di diri anak.

Selalu ajarkan anak untuk beribadah tepat waktu, mengaji dan menghadiri pengajian sesekali waktu. Diharapkan ketika anak menjaga agamanya, maka agamanya pun akan menjaga anak.

beberapa Cara mencegah anak menggunakan obat terlarang narkoba

Demikian informasi mengenai cara mencegah anak menggunakan obat terlarang narkoba. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai waktu penting untuk dihabiskan bersama anak.

Cara mencegah anak menggunakan obat terlarang narkoba | | 4.5