Cara Mendampingi Anak Laki laki di Masa Pubertas

Setiap orangtua perlu mengetahui cara mendampingi anak laki laki di masa pubertas agar anak laki laki tidak terjerumus pada perbuatan tercela. Pubertas pada anak laki laki terjadi pada usia 10 – 14 tahun yang ditandai dengan perubahan fisik berupa perubahan suara, mengalami mimpi basah dan ereksi spontan, kulit menjadi cepat berminyak dan berjerawat serta perubahan ukuran tubuh khususnya tangan dan kaki yang tumbuh lebih cepat dibandingkan masa kanak-kanak.

Perubahan psikis pada anak laki laki yang pubertas yaitu adanya ketertarikan terhadap lawan jenis dan egosentris yang besar.

Perubahan sosial yang sering mengidentifikasi diri dengan kelompoknya dan punya rasa ingin tahu yang besar untuk mencoba pengalaman baru.

beberapa Cara Mendampingi Anak Laki laki di Masa Pubertas

Beberapa cara mendampingi anak laki laki di masa pubertas.

1.Berbagi tugas antara ibu dan ayah.

Anak laki-laki merasa lebih nyaman bercerita tentang perubahan yang dialaminya kepada ayah, terutama hal sensitif seperti mengalami mimpi basah dan ereksi spontan. Maka baik ibu dan ayah perlu belajar untuk menjadi pendengar dan penasehat yang baik terhadap anak dalam menghadapi perubahan ini.

2.Menjadikan anak sebagai sahabat orangtua.

Anak remaja tidaklah sama ketika mereka anak anak. Anak remaja lebih suka diperlakukan sebagai sahabat dan dihargai ketimbang dididik dengan cara diperintah, didikte, dibentak dan dihukum.

3.Lebih sabar dan bijak menghadapi anak.

Ketika anak menginjak usia remaja, anak merasa dirinya paling benar dan tidak ada orang yang bisa mengerti dirinya. Sehingga orangtua harus bersikap lebih sabar dan bijak agar perubahan ini tidak memicu pertengkaran dan konflik dengan anak.

4.Memberi kepercayaan dan tanggung jawab pada anak.

Ketika anak remaja ingin untuk lebih dihargai, berikan mereka kepercayaan dan tanggung jawab yang lebih besar. Hal ini akan berdampak baik ketika mereka dewasa sehingga menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

5.Lakukan pengawasan yang wajar terhadap kegiatan anak bersama teman temannya.

Anak laki laki lebih suka berteman dengan berkelompok dan mencoba hal baru bersama sama dan hal ini yang perlu diawasi oleh orangtua. Orangtua perlu tahu dengan siapa anak mereka berteman, kemana mereka pergi dan kapan mereka harus pulang. Jika orangtua mendapati kegiatan anak yang negatif jangan lupa untuk menegur dan mengatakan bahwa hal tersebut hanya akan membawa kerusakan pada diri anak kelak.

Cara Mendampingi Anak Laki laki di Masa Pubertas

Demikian informasi mengenai cara mendampingi anak laki laki di masa pubertas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mendampingi anak perempuan di masa pubertas.

Cara Mendampingi Anak Laki laki di Masa Pubertas | | 4.5