Cara Mendampingi Anak perempuan di Masa Pubertas

Setiap orangtua perlu mengetahui cara mendampingi anak perempuan di masa pubertas agar anak perempuan tidak terjerumus pada perbuatan tercela. Pubertas pada anak perempuan terjadi dengan adanya perubahan fisik, psikis dan perubahan fungsi seksual yang umumnya terjadi pada rentang usia 8 – 17 tahun.

Cara Mendampingi Anak perempuan di Masa Pubertas

Beberapa cara mendampingi anak perempuan di masa pubertas

1.Memberikan ilmu pengetahuan tentang alat kelamin, perbedaan anak laki laki dan perempuan serta fase pubertas yang akan anak lalui.

2.Menciptakan pola komunikasi yang jujur, terbuka dan bersahabat antara anak dan orangtua.

Dengan terjalinnya komunikasi yang baik dengan orangtua, maka anak tidak akan sungkan bercerita pada orang tua khususnya pada ibunya saat mengalami perubahan fisik di masa pubertas. Ketika anak curhat dengan ibunya, jadikan momen ini momen bercerita ketika ibu pertama kali melalui hal yang sama. Buat anak merasa bahwa hal itu adalah sesuatu yang wajar dan tidak perlu ditakuti.

3.Lakukan kegiatan bersama keluarga menjadi waktu yang menyenangkan. Setiap anak perempuan mungkin akan ketakutan saat merasakan payudaranya nyeri dan menemukan ada bercak darah di pakaian dalamnya. Agar anak merasa nyaman dan aman, ibu bisa mengajak anak untuk membeli pembalut wanita bersama sama. Ibu juga bisa mengajak anak membeli bra yang cocok untuk aktivitas anak perempuan mereka. Dan jangan lupa memberitahu cara mencucinya.

4.Memberitahu informasi dan apa saja yang terjadi pada masa pubertas

Sampaikan pada anak perempuan anda bahwa salah satu hal signifikan ketika mereka remaja yaitu kehamilan. Pandai pandailah memberitahu anak agar anak tidak takut dan tetap merasa nyaman dengan kondisi pubertas yang dialaminya. Ajarkan anak tentang akibat pergaulan bebas, seks diluar nikah dan juga jangan lupa untuk mulai mengajarkan anak menutup aurat dan menjaga sikap terhadap lawan jenis.

beberapa Cara Mendampingi Anak perempuan di Masa Pubertas

Demikian informasi mengenai cara mendampingi anak perempuan di masa pubertas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab anak remaja melakukan bunuh diri.

Cara Mendampingi Anak perempuan di Masa Pubertas | | 4.5