Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil

Setiap ibu hamil harus tahu cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Ketika hamil, ibu pastinya akan sering mengalami kaki yang bengkak atau kram. Ini dikarenakan kaki menopang beban yang lebih berat dari keadaan normalnya. Biasanya kaki bengkak ini hanya terjadi usia kehamilan akhir yaitu usia kehamilan 6 – 9 bulan. Karena ketika memasuki usia kehamilan ini, berat tubuh semakin bertambah yang menyenabkan beban kaki akan semakin berat.

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil

Beberapa cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.

Atur posisi tidur. Posisi tidur yang baik agar kaki tidak bengkak yaitu kaki harus berada lebih tinggi dari jantung anda. Posisi ini akan membantu tubuh dalam mengatur sirkulasi darah. Anda bisa meletakkan bantal yang ditumpuk di kedua kaki anda. Anda juga bisa tidur dengan posisi miring ke kiri. Karena posisi tidur seperti ini bisa membantu mengurangi tekanan pada tubuh.

Jangan berdiri terlalu lama terutama ketika anda merasa pegal. Pegal adalah tanda bahwa peredaran darah dan otot mengalami kelelahan.

Tetaplah olahraga secara teratur. Olahraga teratur selain menjaga kesehatan anda selama hamil, olahraga juga mengurangi keluhan kaki bengkak dan kram pada ibu hamil.

Seimbangkan dan penuhi kebutuhan nutrisi. Jangan konsumsi garam berlebihan.

Ketika kaki ibu bengkak, anda bisa mengompresnya dengan kubis. Kubis hijau atau kubis putih dapat mengurangi jumlah cairan yang ada di kaki yang menyebabkan kebengkakan. Caranya yaitu dengan meletakkan daun kubis yang sudah dibersihkan dengan air mengalir, lalu biarkan potongan kubis itu ada di daerah kaki anda yang bengkak dan biarkan hingga daun kubis terasa lembab. Ulangi terus hingga sakitnya berkurang.

Demikian informasi mengenai Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai minuman pengganti susu bagi ibu yang alergi susu.

 

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil | | 4.5