Cara menghindari anak mengalami gumoh

Setiap orangtua perlu tahu cara menghindari anak mengalami gumoh. Gumoh biasanya disebabkan karena bayi senang makan, perut yang terlalu penuh membuat makanan dan minumannya kembali ke kerongkongan. Ketika makan atau minum susu, udara ikut masuk dan ketika udara tersebut keluar, ada beberapa makanan atau cairan yang juga ikut keluar.

Cara menghindari anak mengalami gumoh

Beberapa cara menghindari anak mengalami gumoh.

Ketika memberi makan bayi, tubuh bayi harus berada dalam keadaan tegak. Jangan biarkan ia dalam keadaan menunduk apalagi telungkup.

Usahakan bayi sendawa ditengah tengah waktu minum susu dan juga setelah selesai minum susu.

Untuk membuat bayi sendawa, sandarkan tubuh bayi menghadap ke anda lalu sandarkan ke salah satu pundak. Lalu pukul pukul pelan pungunggnya.

Ketika menyusui bayi, usahakan berada di ruangan yang tenang dan tidak ada suara. Agar bayi tidak kaget dan panik yang bisa menyebabkan udara ikut masuk ke perutnya.

Ketika bayi minum susu dari Dot nya. Usahakan lubang dot dalam ukuran kecil agar tidak ada ruangan untuk udara masuk.

Ketika selesai makan, usahakan tubuhnya berada dalam posisi tegak selama 30 menit agar makanan tetap berada di perutnya.

Jangan memberi makan dan minum ASI terlalu banyak.

Jangan memakaikan celana atau popok yang terlalu ketat agar perut bayi tidak tertekan.

Jangan membawa bayi bepergian dengan mobil setelah makan atau minum susu. Karena posisi duduk bayi di mobil bisa membuat perut bayi mengalami tekanan.

Demikian informasi mengenai Cara menghindari anak mengalami gumoh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab kehamilan memiliki resiko tinggi.

Cara menghindari anak mengalami gumoh | | 4.5