Cara menghindari Infeksi Cacing pada Anak

Setiap orangtua perlu tahu cara menghindari infeksi cacing pada anak. Tanamkan pentingnya kebersihan lingkungan dan diri pada anak sejak dini. Biasakan anak untuk mencuci tanggannya setiap sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Misalnya sebelum bermain dengan hewan peliharaannya dan setelahnya.

Penting bagi orangtua untuk mengenali gejala cacingan agar ibu cepat mengatasinya dengan segera. Resiko anak terkena cacing bisa muncul ketika anak bermain di tanah tanpa sepatu atau alas kaki, makan makanan pinggir jalan yang tidak terjaga kebersihannya, atau anak bermain di rumput dan lupa mencuci tangan ketika makan. Infeksi cacing ini bisa disebarkan melalui rute fekal-oral, yang ditransfer melalui telur cacing dari anus ke mulut, atau secara langsung melalui tangan serta makanan.

Telur cacing bisa mengakibatkan infeksi dalam hitungan beberapa jam setelah masuk ke dalam kulit sekitar anus atau juga tidak sengaja ‘menelan’ telur cacing yang menempel pada jari-jari tangan, tersembunyi di bawah kuku jari tangan. Gejala yang muncul pada anak yang mengalami cacingan yaitu mengeluhkan perutnya terasa sakit, berat badannya menurun dan mungkin menjadi rewel, nafsu makan menurun akibat rasa tidak nyaman pada perut, anemia, mual, terasa gatal sekitar anus (terutama di malam hari), sulit tidur akibat rasa gatal, dan kadang disertai batuk atau diare (namun jarang).

Cara menghindari Infeksi Cacing pada Anak

Beberapa cara menghindari infeksi cacing pada anak.

Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah bermain dengan binatang peliharaan atau dengan mainannya sendiri.

Jaga agar kuku tangan dan kaki tetap dalam keadaan bersih dan pendek.

Jangan biarkan anak menggigit kuku jarinya.

Larang anak untuk menggaruk bagian anusnya.

Rutin membersihkan lingkungan sekitar rumah dengan cairan desinfektan dan kalau perlu dengan cairan antibakteri.

Ajarkan anak untuk selalu memakai alas kaki ketika bermain.

Cuci buah dan sayuran dengan air bersih dan jangan lupa untuk mengupas kulit buah sebelum mengkonsumsinya.

Masak makanan hingga benar benar matang.

Infeksi cacing pada anak bisa sangat merugikan anak karena zat gizi yang dikonsumsi anak malah dikonsumsi oleh cacing sehingga dapat memicu kekurangan gizi pada anak.

Demikian informasi mengenai Cara menghindari dan mengatasi Infeksi Cacing pada Anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai yang perlu dilakukan ketika ingin memakai jasa baby sitter.

Cara menghindari Infeksi Cacing pada Anak | | 4.5