Cara meredakan emosi berlebihan pada anak

Mungkin setiap orang tua memiliki cara meredakan emosi berlebihan pada anak. Setiap anak tentu pernah marah, tetapi tidak sedikit pula anak yang rewel dan emosi berlebihan yang tidak dimengerti orangtuanya. Namun jika anak mulai marah sambil menendang, memukul, berteriak dan berguling guling tidak jelas maka orangtua akan kecewa dan mungkin marah sampai memukul anak.

Yang perlu orangtua ingat adalah kemarahan tersebut hanya keadaan sesaat atau temper tantrum. Istilah temper tantrum ini keadaan emosional yang umum dialami oleh anak-anak usia 1-4 tahun. Hal ini dikarenakan anak-anak pada usia tersebut yang belum mampu menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan rasa frustrasi mereka karena tidak terpenuhinya keinginannya atau untuk mendapatkan perhatian dari orangtuanya.

Cara meredakan emosi berlebihan pada anak

Berbagai cara meredakan emosi berlebihan pada anak

Orangtua harus tetap tenang. Orangtua jangan ikutan marah sambil memukul anak, karena hal itu hanya akan memperburuk keadaan.

Biarkan saja anak marah dan orangtua tetap tenang sambil melakukan kegiatan masing masing. Anak harus mengerti bahwa marah tidak bisa dijadikan alat untuk mengancam dan mendapatkan keinginannya. Meskipun masih kecil, anak harus diajarkan untuk hormat pada orangtuanya.

Jangan memukul anak. Ibu cukup memeluk anak hingga kemarahannya hilang. Dengan memukul anak justru akan meninggalkan ingatan yang tidak baik terhadap orangtuanya.

Jangan kalah dengan rengekan anak. Hal ini agar anak tidak menggunakan rewel dan kemarahannya untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Tetap sabar dan tenang sambil memberikan nasihat pada anak dengan cara yang lembut. Percayalah meskipun anak masih marah, mereka akan mengerti dengan berjalannya waktu.

Jangan gunakan hadiah karena anak sudah mau diam. Anak akan tahu kelemahan orangtuanya dan akan terus menggunakan kerewelan dan kemarahannya untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Temukan penyebab kemarahan anak. Anak anak mungkin belum bisa mengungkapkan amarahnya dengan kata kata dan cenderung memukul, menendang atau hal fisik lainnya. Namun orangtua bisa memperhatikan apa saja yang bisa membuat mood anak berubah dan berusaha sekuat mungkin untuk menghilangkan penyebab kemarahan anak.

Arahkan perhatian anak pada hal lain yang menarik agar marah dan rewelnya hilang.

Berikan kata kata pujian jika amarah sesaatnya telah selesai.

Hal lain yang perlu orangtua lakukan saat anak marah yaitu menghindarkan benda benda yang mungkin membahayakan anak dan orang di sekitarnya.

beberapa Cara meredakan emosi berlebihan pada anak

Demikian informasi mengenai cara meredakan emosi berlebihan pada anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat informasi lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara menjaga kedekatan ayah dan anak yang berjauhan.

Cara meredakan emosi berlebihan pada anak | | 4.5