Dampak sikap buruk orangtua pada kepribadian anak

Setiap calon orangtua harus mengetahui dampak sikap buruk orangtua pada kepribadian anak. Memang anak seperti kertas putih, yang mana orangtuaya bisa menuliskan apapun di atasnya. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa ibu adalah figur sangat penting bagi anak. Karakter baik ibu akan sangat membentuk kepribadian anak di masa depannya. Namun sebagai orangtua, kadang tidak menyadari melakukan perbuatan atau sikap yang justru akan menimbulkan pengaruh buruk pada anak.

Dampak sikap buruk orangtua pada kepribadian anak

Beberapa dampak sikap buruk orangtua pada kepribadian anak

1.Kebiasaan mengeluh orangtua.

Sering mengeluh dengan keadaan dan menggerutu tentang apapun di depan anak bukanlah hal yang bijaksana. Kebiasaan mengeluh orangtuanya tentu akan berpengaruh negatif pada anak sehingga anak akan menjadi mulah mengeluh dan menggerutu dan sulit untuk bersyukur.

2. Kebiasaan bergunjing atau ngomongin orang.

Setiap ibu mungkin suka melakukan hal ini. Tetapi perlu diketahui hal ini justru akan ditiru anak sehingga melahirkan keluarga yang penuh dosa karena baik orangtua dan anak sangat suka untuk bergunjing.

3. Berbohong di depan anak meskipun untuk hal hal sederhana.

Jika ibu atau ayah terbiasa berbohong kepada anak meskipun dalam hal yang sederhana maka ayah dan ibu jangan terkejut kalau anak akan berbohong tentang hal yang besar pada orangtuanya.

4. Terlalu sibuk dengan dunia luar dan kurang memperhatikan anak.

Perlu diingat oleh orangtua bahwa cara kita memperlakukan anak sama dengan cara anak akan memperlakukan kita di masa tua orangtuanya kelak. Jika orangtua acuh tak acuh pada anak maka tidak mungkin anak juga akan mengacuhkan orangtuanya nanti ketika anak sudah besar. Ingatlah Ayah dan Bunda, anak adalah amanah yang harus dirawat sebaik baiknya. Karena apapun yang orangtua lakukan pada anak pasti akan berbalik pada ayah dan ibunya juga.

5. Suka membandingkan anak dengan anak yang lain.

Disadari atau tidak, hal ini akan sangat melukai perasaan anak. Setiap orangtua harusnya bersyukur dengan keadaan anak dan tetap melakukan yang terbaik untuk anak agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Terlalu memanjakan anak.

Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Perlu diingat bahwa setiap anak harus bisa mandiri dan jangan terlalu dimanjakan karena hal ini hanya akan berdampak buruk pada masa depan anak.

7. Tidak kompak dalam menegakkan disiplin antara ayah dan ibu.

Ketika adanya ketidaksesuaian dalam cara mendidik ayah dan bunda maka anak akan mudah mencari pihak yang bisa diambil keuntungan. Diperlukan ketegasan, kekompakan dan kerjasama antara ayah dan bunda agar anak tidak bisa menggunakan salah satu dari ayah atau ibu sebagai tempat berlindung ketika melakukan perbuatan yang salah.

Setiap ibu akan menjadi orang pertama yang ditiru anak sampai berusia 6 tahun. Setelah usia anak 6 tahun, ayah menjadi panutan yang akan menentukan sikap dan sifat anak berperilaku. Jadi diperlukan saat dan waktu yang terkoordinir antara ayah dan ibu dalam mendidik anak.

8. Ayah bersikap terlalu keras kepada anak.

Ayah jangan pernah mengancam untuk memukul atau diusir dari rumah pada anak. Jika ayah melakukan ini maka akan membentuk anak laki laki menjadi pembangkang dan mungkin menjadi orang yang sadis di masa depannya. Untuk anak perempuan akan mengalami gangguan mental seperti menjadi penakut, pemurung, kehilangan inisiatif dan rasa kepercayaan diri.

9. Kebiasaan merokok di depan anak.

Jika anak sering melihat ayahnya merokok maka akan berpotensi merokok juga dimasa depannya. Jika ayah sudah tak kuat lagi untuk merokok, lebih baik merokok ditempat yang jauh dari anak dan tak tampak oleh anak. Selain ditiru anak, asap rokok juga meracuni keluarga anda yang anda sayangi.

10. Lebih sering keluar rumah dengan teman-temannya.

Tidak sedikit orangtua yang umurnya sudah cukup tua tetapi gayanya seperti abg. Sering nongkrong bersama teman, menghabiskan waktu dengan bercengkrama. Hal ini sangatlah buruk bagi anak dan menghilangnya waktu penting kebersamaan bersama anak.

beberapa Dampak sikap buruk orangtua pada kepribadian anak

Demikian informasi mengenai dampak sikap buruk orangtua pada kepribadian anak. Semoga informasi di atas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai kesalahan orangtua yang membuat anak stress dan tertekan.

Dampak sikap buruk orangtua pada kepribadian anak | | 4.5