Fakta psikologi yang benar

Fakta psikologi yang benar memang perlu diketahui agar tidak banyak orang yang merasa benar berdasarkan sesuatu yang tidak ada dasar ilmiahnya.

Fakta psikologi

Fakta psikologi yang benar

  1. Fakta psikologi yang benar pertama yaitu otak kita berisi sektiar 3 juta mil sambungan saraf, yaitu sambungan diantara sel otak. Jika dijajarkan, seluruh sambungan tersebut bisa direntangkan dari bumi ke bulan bolak balik hingga 12 kali.
  2. Para pasien yang pernah mengalami stroke di cuping kiri depan otak mereka, yang mengakibatkan kemampuan berbicara hilang parah, lebih baik dalam mendeteksi kebohongan dibanding orang orang yang tidak mengalami kerusakan otak. Hal ini mungkin karena mereka telah kehilangan kemampuan berbicara mengembangkan keterampilan nonverbal pengganti yang membantu mereka mengetahui kebohongan orang lain.
  3. Mereka yang menderita bentuk ekstrem amnesia anterogad, gangguan ingatan yang ditandai ketidakmampuan mengingat secara sadar informasi baru, mungkin berkali kali bhkan selama bertahun tahun menunjukkan keterkejutan luar biasa ketika diberi tahu tentang kematian anggota keluarga yang sama, dan membaca kembali majalah yang sama puluhan kali tanpa mengingat isinya. Namun, mereka sering menunjukkan ingatan implicit atau tanpa sadar untuk beberapa peristiwa tertentu tanpa mampu mengingatnya dengan sadar. Misalnya, mereka mungkin menunjukkan reaksi emosi negative terhadap dokter yang pernah bersikap kasar kepada mereka meskipun tidak pernah ingat pernah bertemu dokter tersebut.
  4. Fakta psikologi yang benar yang keempat yaitu mereka yang menderita gangguan langka seperti sinestesia mengalami sensasi lintas – modal, yaitu sensasi yang melewati lebih dari satu indra. Mereka mungkin mendengar suara tertentu ketika melihat warna tertentu, atau mencium sesuatu ketika mendengar suara tertentu. Namun, yang lain mungkin melihat ke kata tertentu, seperti buku, dalam warna tertentu, msialnya biru. Penelitian pencitraan otak mendemonstrasikan bahwa penderita sinestesia menunjukkan aktivitas di beberapa bagian otak, misalnya, penderita sinestesia suara warna menunjukkan aktivitas di bagian pendengaran dan penglihatan ketika mereka mendengar suara.
  5. Para ahli jiwa telah mengajari burung merpati membedakan lukisan karya Monet dengan lukisan Picasso, dan komposisi music karya Bach dengan karya Stravinsky. Selama menjalani percobaan, burung tersebut menerima hadiah untuk jawaban yang benar, dan perlahan perlahan belajar mendeteksi petunjuk dalam karya seni dan music sehingga mereka bisa membedakan gaya orang genius kreatif yang satu dengan yang lain.
  6. Mereka yang diminta memegang pensil dengan gigi menganggap film kartun lebih lucu dibanding mereka yang diminta memegang pensil dengan bibir. Mereka yang diminta memegang pensil dengan gigi menunjukkan ekspresi wajah seperti sedang tersenyum, sedangkan mereka yang diminta memegang pensil dengan bibir menunjukkan ekspresi wajah seperti sedang cemberut. Otot wajah memberikan umpan balik berupa informasi suhu ke otak kita, yang pada akhirnya memengaruhi emosi kita.
  7. Fakta psikologi yang benar ketujuh yaitu cara berjabat tangan menunjukkan kepribadian seseorang. Misalnya, mereka yang suka berjabat tangan dengan erat kemungkinan supel dan suka menunjukkan perasaanya, dan tidak pemalu atau menderita gangguan emosi. Di kalangan wanita, tetapi tidak pada pria, jabat tangan erat menunjukkan sifat kepribadian terbuka, yang mencerminkan keingintahuan intelektual dan kesediaan mencari berbagai pengalaman baru.
  8. Di daerah terpencil di beberapa negara Asia, termasuk Malaysia, China dan India, sebagian orang biasanya pria secara berkala terserang gangguan psikologis aneh yang disebut koro. Korban pria koro percaya bahwa batang dan buah zakarnya menghilang, sedangkan korban wanita sering kali percaya bahwa payudaranya menghilang. Koro biasanya menyebar dengan cara menular, di suatu wialay di India pada 1982, para pejabat pemerintahan turun ke jalan dengan membawa alat pengeras suara untuk menenangkan penduduk yang histeris bahwa alat kelamin mereka tidak menghilang.
  9. Fakta psikologi yang benar yang terakhir yaitu memegang benda hangat dapat membuat kita merasa lebih hangat terhadap orang lain. Dalam penelitian terbaru, dua peneliti meminta para partisipan memegangkan secangkir kopi hangat atau secangkir es kopi selama beberapa detik untuk seseorang, dan kemudian mereka memberikan peringkat untuk seseorang yang tidak nyata dalam hal sifat sifatnya. Mereka yang diminta memegang secangkir kopi hangat cenderung memberikan nilai lebih tinggi untuk sifat kepribadian hangat seperti murah hati dan penyayang.

Fakta psikologi yang benar

Demikianlah informasi mengenai fakta psikologi yang benar. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel selanjutnya mengenai mematahkan mitos sehari hari.

Fakta psikologi yang benar | | 4.5