fakta unik Indonesia

Fakta unik Indonesia seperti

Fakta unik Indonesia yang pertama yaitu Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

Istana Merdeka mulai dibangun pada tahun 1873 dan selesai pada tahun 1879. Istana tsb di rancang oleharsitek Drossares dengan luas 6,8 hektar dan 16 jumlah anak tangga yg terdapat di bagian depan gedung.

Sebelum digunakan oleh pemerintah Indonesia, Istana Kepresidenan Bogor digunakan sbg rumah peristirahatan Gubernur Jenderal Belanda. Tercatat 44 orang gubernur jenderal Belanda pernah menjadi penghuni istana yang pada masa penjajahan bernama Istana Buitenzorg.

seluruh fakta unik Indonesia
Fakta unik Indonesia yang keempat yaitu Lagu ” Indonesia Raya ” di ciptakan pada tahun 1942 (ralat tahun 1924) dan dikumandangkan untuk pertama kalipada tanggal 28 Oktober 1928, tepatnya pada penutupan acara Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda.

Mobil dinas Kepresidenan RI yang pertama adalah mobil Buick keluaran tahun 1939 yang digunakan Alm. Bung Karno. Sedangkan Alm. Bung Hatta menggunakan mobil dinas De Soto.

Rupiah dinyatakan sebagai mata uang nasional RI pada rgl 2 November 1949.

Fakta unik Indonesia yang ketujuh yaitu Bahasa Indonesia dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam.

Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia.

Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia.

Fakta unik Indonesia yang kesepuluh yaitu Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress.

Bahasa dan Musik Indonesia dikirim ke luar angkasa.
fakta unik Indonesia

Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang berhasil tembus ke Piala Dunia, tepatnya pada tahun 1930 yang ketika itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Fakta unik Indonesia yang ketiga belas yaitu suporter Indonesia termasuk dalam 10 Suporter Terbesar & Terfanatik di Dunia di posisi 3. Franz Beckenbauer mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai supporter terloyal. Dan hal itu dibuktikan dengan tingginya angka rata-rata kepadatan stadion di Indonesia yang bisa mencapai 96%.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) termasuk dalam 10 stadion terbaik di Asia dan 10 terbesar dunia.

Jamrud Khatulistiwa Julukan ini diberikan dunia kepada Indonesia karena letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dengan penampakan alam yang sangat hijau seperti jamrud.

Fakta unik Indonesia yang keenam belas yaitu Nusantara. Ini adalah julukan yang di sematkan oleh kerajaan majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatra sampai Papua dalam literature bahasa Jawa. Selain itu, Thailand juga menyebut Indonesia dengan julukan Nusantara merunut pada sejarah kerajaan Majapahit dulu.

Negara Agraris. Julukan ini mengacu pada kenyataan bahwa lahan pertanian Indonesia sangat luas dengan sebagian besar mata pencaharian penduduk kita sebagai petani Negara Maritim Julukan ini mengacu pada kenyataan perairan Indonesia yang luas.

fakta unik Indonesia di mata dunia

Negara Seribu Candi. Julukan negeri seribu candi diberikan dunia kepada Indonesia berawal dari dipilihnya candi Borobudur sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Fakta unik Indonesia yang kesembilan belas yaitu segara Seribu Pulau. Julukan ini diberikan melihat Indonesia terdiri dari ribuan pulau sekaligus menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

Negara Megabiodiversitas. Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena para peneliti dunia kagum akan keanekaragaman Flora dan Fauna yang ada termasuk spesies purba dan spesies langka di Indonesia seperti Komodo, Anggrek Hitam dan Raflessia Arnoldi.

Heaven Earth. Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena banyak Negara dunia iri dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi yang melimpah dan pemandangan yang memanjakan mata.

Fakta unik Indonesia yang kedua puluh dua yaitu Paru-Paru Dunia. Julukan ini beberapa kali di sematkan oleh AS dan Singapura melihat pulau Kalimantan sebagai hutan yang harus dilindungi karena berfungsi sebagai penopang paru-paru dunia
The Big Mouslem Population. Ini julukan yang diberikan orang musim dunia kepada Indonesia atas kekaguman mereka terhadap kuantitas pemeluk agama Islam di Indonesia.

Macan Asia yang Tertidur. Julukan aslinya adalah Macan Asia. tapi julukan ini berubah menjadi Macan Asia yang tertidur pada era modern. Ini julukan yang diberikan oleh Negara-negara asia terhadap Indonesia karena Indonesia diakui memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya.

Fakta unik Indonesia yang kedua puluh lima yaitu Ubur-ubur yang tidak menyengat, Danau Kakaban, Kal-Tim. keajaiban dari Danau Kakaban ini adalah adanya ubur-ubur yang tidak menyengat yang tinggal di bawah airnya. Ajaibnya, ubur-ubur seperti ini hanya terdapat di dua tempat di dunia, yaitu di Danau Kakaban dan Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik.

fakta unik Indonesia seperti

Garam yang berada di atas gunung, Gunung Krayan, Kal-Tim Masih di Kaltim, satu lagi keajaiban di sini adalah terdapat garam di atas gunung. Garam tersebut berada dalam sumur di Desa Long Midang, Gunung Krayan yang berjarak 100 km dari laut di ketinggian 2.400 mdpl. Ajaib!
Pasir pantai merah muda, Pulau Komodo, NTT Pantai ini mempunyai pasir yang berwarna pink. Datanglah ke Pink Beach di Pulau Komodo. Pantai ini letaknya ada di balik bukit, sehingga sepi dan terpencil. Air laut di sekitar pantainya sangat biru jernih dan menggoda untuk diving atau snorkeling. Warna pink di pantai ini akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering.

Fakta unik Indonesia yang kedua puluh delapan yaitu Danau tiga warna, Ende, NTT Danau Kelimutu yang mempunyai tiga warna. Hitam, biru tua, dan biru, adalah tiga warna dari danau ini yang terletak di Kecamatan Kelimutu, Ende, NTT. Tak hanya wisatawan dalam negeri saja, danau ini sudah memesona hingga ke traveler mancanegara.

Air panas di pinggir pantai, Tidore Pantai Akesahu, Tidore, Maluku Utara, terdapat pemandian air panas di pinggir pantai. Benar-benar di pinggir pantai dan di depan Anda adalah lautan

Pulau Komodo, NTT Taman Nasional Komodo (TN. Komodo) merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba yang tersisa di bumi.

Fakta unik Indonesia yang ketiga puluh satu yaitu Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Taman laut Bunaken Sulawesi Utara memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Danau Toba, Sumatra Utara Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer (danau volkanik terbesar di dunia). Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
fakta unik Indonesia mengenai

Fakta unik Indonesia yang ke tiga puluh empat yaitu Bunga Rafflesia hidup di Tama Nasional Bengkulu, mempunyai ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga ini terkenal dengan sebutan bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang menyengat.
Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hamper penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

Fakta unik Indonesia yang ketiga puluh tujuh yaitu Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.



Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

Fakta unik Indonesia yang keempat puluh yaitu Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia. hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia. Letaknya di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

fakta unik Indonesia lengkap
Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

Fakta unik Indonesia yang keempat puluh tiga yaitu Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.

Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

Fakta unik Indonesia yang keempat puluh enam yaitu Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

Memiliki primata terkecil di dunia, yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya di atas pohon ini terdapat di Sulawesi.

fakta unik Indonesia full
Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Fakta unik Indonesia yang ketiga puluh Sembilan yaitu Di Singapura, gamelan menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dasar pada hampir sebagian wilayahnya.
Brand internasional yang amat prestisius, Gucci, menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.

Mobil terpopuler di Uni Emirat Arab adalah Toyota Kijang Innova yang sepenuhnya diproduksi di Indonesia.

Fakta unik Indonesia yang keempat puluh dua yaitu Bunga nasional Korea Utara yang amat popular Kimilsungia berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

Tahukah Anda, Air Bridge ” tangga belalai menuju pintu pesawat yang ngetrend di bandara-bandara dunia kali pertama dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.

Presiden RI ke-3, BJ Habibie adalah pemegang 46 paten di bidang aeronautika dunia.

Fakta unik Indonesia yang keempat puluh lima yaitu Menara Kuala Lumpur ternyata dirancang oleh putra Indonesia, Ir.Achmad Murdijat alumni ITB.

Indofood merupakan produsen mie instan terbesar di dunia.

Tiga jenis kopi andalan Starbucks di Seattle, AS, adalah : Sumatera, Java Mocha dan Toraja Coffee. Ketiga jenis kopi ini dipajang di etalase paling depan.

Fakta unik Indonesia yang keempat puluh delapan yaitu Koin Ringgit Malaysia dan passport Malaysia adalah produksi PT PERURI.

fakta unik Indonesia komplit
Seragam serdadu NATO diproduksi oleh PT Sritex, Solo, Jawa Tengah.

Biji kopi luwak adalah biji kopi termahal di dunia, dan produsennya adalah Indonesia.

Fakta unik Indonesia yang kelima puluh satu yaitu Militer Indonesia (TNI) Cukup Disegani di dunia Kekuatan militer Indonesia sudah diakui oleh dunia sejak lama. Baik strateginya maupun prestasi TNI tidak bisa di pandang sebelah mata,terbukti dengan strategi gerilya yang banyak diikuti pleh Negara lain.

Cincin Api Dunia, Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif.

Demikian informasi mengenai fakta unik Indonesia. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai judul artikel berikutnya.

fakta unik Indonesia | | 4.5