Faktor penyebab seseorang mengalami mandul

Setiap orang perlu tahu faktor penyebab seseorang mengalami mandul.

Faktor penyebab seseorang mengalami mandul

Beberapa faktor penyebab seseorang mengalami mandul.

Usia. Usia wanita yang diatas 35 tahun akan mengalami penurunan kesuburan. Dan setelah umur 38 bisa dikatakan sangat menurun drastis. Kemandulan pada wanita biasanya disebabkan oleh jumlah telur dan kualitasnya yang menurun.

Kebiasaan merokok. Pada wanita akan meningkatkan resiko kemandulannya sedangkan pada pria akan menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunnya jumlah sperma.

Minum minuman beralkohol.

Kegemukan dan obesitas bisa meningkatkan resiko kemandulan pada wanita sedangkan untuk pria bisa mempengaruhi jumlah sperma.

Terlalu kurus bisa membuat kemandulan baik pada wanita dan pria.

Jarang berolahraga dan terlalu berlebihan ketika berolahraga. Jarang olahraga bisa menyebabkan meningkatnya resiko kemandulan dan olahraga yang berlebihan dan terlalu berat juga bisa menyebabkan gangguan ovulasi.

 

Cara yang bisa ditempuh untuk mencegah kemandulan

Jaga berat badan agar tetap ideal.

Hindari stress dan atasi stress dengan cara sehat. Stess adalah penyebab dari banyak penyakit, untuk menghindari stress kamu bisa meditasi, berlibur atau berolahraga yang menyenangkan bagimu.

Jauhi rokok dan minuman beralkohol.

Jaga pola makan dan istirahat yang cukup.

Telusuri dan cari tahu riwayat kesehatan keluarga.

Lakukan vaksinasi yang disarankan misalnya vaksin rubella.

Demikian informasi mengenai faktor penyebab seseorang mengalami mandul. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai yang harus dilakukan jika kakak adik selalu bertengkar.

Faktor penyebab seseorang mengalami mandul | | 4.5