Hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas

Tidak sedikit orangtua yang tidak mengetahui hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas. Setiap anak balita memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap hal dan informasi baru. Dengan mengetahui hal itu menjadi kewajiban orangtua untuk terus memberikan informasi baru yang bermanfaat bagi si kecil.

Hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas

Beberapa hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas

1.Hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas yang pertama yaitu tetap memberikan asi hingga usia 2 tahun. Banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa ASI mengandung gizi yang bisa meningkatkan kecerdasan otak bayi.

2.Secara rutin mengajak bicara.

Apa saja yang bisa orangtua ceritakan, ceritakanlah pada anak balita anda. Meskipun balita belum mengerti apa yang orangtuanya ucapkan, tetapi balita akan merasa ia selalu diperhatikan dan bisa memancing kemampuan bahasa dan berpikirnya.

3.Membacakan Cerita Anak.

Dengan membacakan secara rutin cerita kepada balita, maka akan menambah kosa kata dan perbendaharaan kata balita sehingga mampu meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa. Yang tidak boleh terlupa adalah membaca cerita dengan penuh ekspresi, karena balita akan sangat senang melihat perubahan ekspresi orangtuanya.

4.Aktif bermain bersama balita.

Dengan bermain bersama anak maka akan mempercepat proses belajar anak, mengembangkan kemampuan sosial anak, balita bisa mengenai kemampuannya, bakatnya, dan kebutuhan emosional anak.

5.Memberikan mainan edukasi pada balita.

Orangtua harus mengerti bahwa setiap anak harus memainkan mainan yang sesuai dengan umurnya. Jangan memberikan balita anda mainan yang asal asalan. Berikan balita mainan pengasah otak seperti puzzle, sudoku ataupun teka teki silang untuk anak. Dan jangan lupa untuk memberikan pujian ketika anak berhasil menyelesaikan permainan.

6.Pakai tempelan gambar dan tulisan yang menarik perhatian.

Letakkan tulisan dan gambar yang lucu dan menarik di tempat balita sering berada seperti kamar mandi, ruang tidur dan ruang bermainnya. Hal ini dimaksudkan agar anak menjadi hafal dan lebih mudah untuk belajar membaca di kemudian harinya.

7.Jangan pernah memberikan Junk Food pada balita anda walaupun hanya sedikit.

Makanan cepat saji memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi dan jelas tidak baik untuk kecerdasan anak. Terus berikan makanan bergizi hingga anak berusia dua tahun, dan jangan lupa untuk memberikan makanan yang mengandung zat besi untuk membantu perkembangan otaknya.

8.Atur jam menonton TV untuk anak.

Orangtua hanya mengizinkan anak untuk menonton acara TV yang sesuai dengan umurnya. Dengan banyak menonton TV maka anak akan jadi pemalas dan banyak secara acara TV yang memiliki konten negatif yang bisa merusak anak. Cukup berikan maksimal 2 jam setiap harinya.

9.Jaga terus kehangatan Keluarga.

Keadaan emosional yang hangat dan stabil sangat berpengaruh pada anak balita. Karena setiap anak yang tumbuh kembang didalam keluarga yang hangat, sopan dan baik maka akan menjadikan sang balita tumbuh menjadi orang yang baik pula.

10.Jangan sampai anak stress dengan kondisi rumah.

Jika orangtua melihat gelagat dan tingkah anak yang aneh, segera berkomunikasi dengan anak. Ajak anak untuk mampu mengutarakan keluhan dan keinginannya dan bantu anak untuk mengatasi stress. Rutinlah melakukan hal yang disenangi anak jika ia sudah terlihat agak jenuh dan bosan dengan keadaan. Jika anak sudah terbiasa menghindari stress pada saat ia kecil maka besar peluangnya anak tidak akan diserang stress parah pada saat ia dewasa.

11.Hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas yang terakhir adalah ajak anak untuk liburan ke alam bebas untuk mengenal alam.

Dengan berlibur di alam bebas bisa meningkatkan fungsi otak anak, terutama konsentrasi dan memori anak. Alam yang terbuka dan hijau bisa menyegarkan otak anak dan mengistirahatkan otot dan mental untuk beristirahat sejenak. Anak bisa bersepeda di taman, bermain bola di lapangan dan membaca buku di ruang terbuka.

beberapa hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas

Demikian informasi mengenai hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas. Semoga informasi ini berguna. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara agar anak gemar membaca sejak dini.

Hal yang perlu dilakukan agar anak cerdas | | 4.5