Info psikologi perkembangan manusia

Dari banyak kesimpulan para ahli, bisa dikelompokkan dalam 10 tahap psikologi perkembangan manusia.

Tahap tahap psikologi perkembangan manusia

Tahap psikologi perkembangan manusia yang pertama yaitu usia 4 sampai 6 bulan sebagai tahap pra-natal. Pada tahap ini terjadi perasaan senang melawan perasaan takut (Glad VS Fear).
Perkembangan pada tahap ini lebih merupakan aktualisasi hubungan perasaan antara anak dan ibunya. Perkembangan pada tahap ini akan berfokus pada perasaan senang atau takut dalam dirinya.

 psikologi perkembangan manusia

Usia 7 sampai 9 bulan sebagai tahap pertentangan antara ketenangan dan kecemasan (calmness VS anxiety). Pada tahap ini diperlukan kemampuan bayi untuk menaklukkan rasa cemas disertai dengan bantuan ibunya. Jika pada tahap ini manusia gagal menghasilkan ketenangan, maka ditakutkan pada beberapa tahap berikutnya akan terjadi kecemasan di dirinya.

Usia 1 tahun sebagai tahap pertentangan antara percaya dan ketidak percayaan.

Usia 2-3 tahun antara autonomi vs doubt/shame. Tahap perkembangan ini antara hak untuk mengatur dirinya sendiri atau ragu atas kemampuannya sendiri.

Usia pra-sekolah antara 3 sampai 6 tahun. Pada tahap perkembangan ini antara perkembangan inisiatif diri atau perasaan bersalah jika memulai sesuatu.

tahap tahap psikologi perkembangan manusia

Usia sekolah 7 sampai 12 tahun. Pada tahap perkembangan ini manusia mencoba untuk menunjukkan diri kepada teman temannya atas kemampuan yang dimiliki.

Usia remaja antara 12 sampai 18 tahun. Pada tahap perkembangan ini manusia ditekankan pada proses pencarian jati diri. Perasaan aman dan nyaman menjadi kebutuhan utama pada tahap ini agar bisa melewatinya dengan baik.

Usia pemuda sekitar 20-an. Tahap perkembangan ini lebih fokus kepada hubungan dengan lawan jenis, kebutuhan untuk dicintai, keintiman dan kemesraan.

Usia paruh baya sekitar 30-an sampai 50-an. Pada tahap perkembangan ini lebih berfokus pada kemampuan manusia mengatasi masalah masalah sosial seperti persoalan keluarga, tetangga dan kebutuhan ekonomi sosialnya.

 psikologi perkembangan manusia lengkap

Usia 60-an sampai meninggal. Pada tahap perkembangan ini akan berfokus pada perhitungan sendiri, apakah aku berhasil dalam hidupku dan membantu orang di sekitarku? Terdapat harapan akan kedamaian, ketentraman untuk menikmati tahap ini.

Demikian informasi mengenai info psikologi perkembangan manusia. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai beberapa tips wawancara kerja.

 

Info psikologi perkembangan manusia | | 4.5