Jenis Jenis Polusi

Jenis jenis polusi memang ada berbagai macam. Masalah polusi di kota kota besar merupakan hal tersendiri yang sampai saat ini belum dapat teratasi. Banyak penyebab meningkatnya polusi. Udara kota atau di desa sekalipun yang dekat dengan pabrik, mengandung banyak zat karbon monoksida (Co) sebagai akibat dari banyaknya penggunaan bahan bakar minyak seperti kendaraan dan industry. Jumlah Co yang terlalu banyak terhisap manusia akan menghambat jaringan otak dan jantung. Dampak polusi dapat menimbulkan gangguan penglihatan, pendengaran, Parkinson, epilepsy, pusing pusing, jenuh, gangguan ingatan, kemunduran mental, psikosis, dan kanker.

jenis jenis polusi

Jenis jenis polusi berupa crowding dan density

Jenis jenis polusi pertama yaitu crowding. Crowding adalah respon subjektif terhadap ruang yang sesak. Jenis jenis polusi yang kedua yaitu density. Density adalah kendala keruangan. Crowding merujuk pada jumlah kepadatan manusia dalam satu ruang tertentu, sementara density merujuk pada reson yang berbeda beda tergantung persepsi individu. Bagi individu yang biasa berdesakan naik bis misalnya, meski padat penumpang, ia akan mempersepsi tidak merasa sesak. Crowding bersifat subjektif, density bersifat objektif dalam mempersepsi keadaan.

Dampak psikologis dari crowding dan density dapat menimbulkan stress, konflik, agresivitas meningkat, produktivitas kerja menurun, kejenuhan, mangkir kerja, kepedulian sosial menurun, suasana kompetitif meningkat atau bahkan menurunsama sekali sampai pada tingkat apatis, kedisiplinan sulit ditegakkan, peluang menghilang dari perhatian sistem lebih mudah, serta sistem daya control cenderung terhambat.

Beberapa dampak crowding dan density terhadap manusia antara lain:

  1. Dampak pada penyakit dan patologi sosial : reaksi fisiologik yaitu meningkatnya tekanan darah, penyakit fisik, serta psikosomatik (gangguan pencernaan atau gatal gatal yang tidak disebabkan oleh kelainan fisik), serta meningkatnya angka kematian.
  2. Dampak pada perilaku sosial seperti agresi, menarik diri dari lingkungan, tidak ada kepedulian sosial, cenderung lebih banyak melihat sisi jelek orang lain jika terlalu lama tinggal bersama orang lain di tempat yang padat dan sesak.
  3. Dampak pada prestasi dan suasana hati seperti prestasi kerja menurun, suasana hati murung, dan semangat cenderung menurun.

dampak jenis jenis polusi

Noise

Jenis jenis polusi yang terakhir yaitu noise. Lingkungan manusia penuh dengan gelombang suara. Suara bising tidak dikehendaki dan dihindari oleh manusia, persepsi terhadap suara yang timbul dalam lingkungan sangat bervariasi, tergantungg kepada beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, hobi, dan suasana hati. Misalnya, music rock akan dipersepsi bising oleh orangtua, tetapi tidak oleh remaja. Meski demikian, ada pula kebisingan yang dipersepsi secara umum, seperti menggelegarnya suara halilintar, meledaknya suara bom atau petasan yang memekakkan telinga. Dampak dari kebisingan terganggu pendengaran, baik sementara atau permanen, tekanan darah meningkat, gangguan pencernaan, sakit kepala, mual, dan impotensi. Dampak psikologisnya yaitu prestasi kerja menurun dan agresivitasnya meningkat.

Demikian informasi mengenai Jenis jenis polusi. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi home page. Artikel berikutnya mengenai akibat perubahan suhu pada tubuh.

Jenis Jenis Polusi | | 4.5