Kesalahan Ibu yang berdampak besar pada anak

Mungkin ibu tidak menyadari beberapa kesalahan ibu yang berdampak besar pada anak. Meskipun itu terlihat sepele tetapi berbahaya untuk psikologis anak.

Kesalahan Ibu yang berdampak besar pada anak

Beberapa kesalahan ibu yang berdampak besar pada anak.

Tidak memperhatikan anak ketika ia bicara

Meskipun ini sepele tetapi ini adalah kesalahan fatal. Ibu asyik menonton atau main gadget ketika anak mengajak bicara. Atau bahkan ibu menghardik anak karena mengganggu aktivitasnya. Alangkah baiknya jika ibu menatap anak dan memperhatikan secara seksama tentang apa yang dibicarakan anak. Berikan pujian jika ia bisa menyampaikan perasaannya secara benar. Perlu diketahui bahwa anak mungkin cerewet tapi itu hanya sementara, ketika mereka remaja dan dewasa mungkin mereka akan jarang bicara dengan anda. Jadi nikmati saja rewelnya ketika masih kecil. Jika ibu dan anak sudah terjalin ikatan komunikasi yang baik, maka ketika anak remaja ia merasa aman dan nyaman untuk curhat pada ibunya dibanding dengan temannya.

  1. Membantu anak mencari sesuatu untuk disalahkan

“Aduh, dedek kepeleset yaa, ini mama pukul lantainya karena nakal!”

Mungkin dengan berkata seperti ini anak menjadi tertawa dan berhenti menangis. Tapi anak akan mulai menirunya. Anak akan belajar untuk segera mencari sesuatu untuk disalahkan ketika ada yang tidak beres. Ketika besar ia akan suka mencari cari kesalahan oranglain. Jadi lebih baik orangtua berkata, “lain kali jalannya hati hati ya, supaya tidak terjatuh”

  1. Merapikan mainan anak

Dengan cara ini rumah memang cepat rapi, namun anda secara tidak langsung melatih anak anda untuk tidak disiplin. Anak boleh main, tapi harus merapikan kembali mainannya ketika selesai bermain. Jangan ibu berpikir tugas ibu untuk merapikan rumah, ibu harus mengajarkan anak untuk bertanggung jawab sejak dini.

  1. Tertib aturan di rumah

Meskipun ia anak yang paling kecil, bukan berarti bisa bertingkah seenaknya. Ketika anak sedang ingin buang air kecil namun ada kakaknya yang antri, maka ia harus berdiri di belakan kakaknya. Hal ini mungkin sepele, namun bisa mengajarkan anak untuk menghargai orang lain dan tertib aturan di masa depannya kelak.

  1. Ibu selalu meminta kakak mengalah pada adik

Kesalahan besar lainnya yaitu ketika ibu selalu memenangkan sang adik dari kakaknya. Ketika kakaknya sedang asyik bermain sesuatu, adiknya datang dan merampas mainan tersebut. Lalu ibu langsung membela sang adik dan menyuruh sang kakak untuk melakukan hal yang lain. Meskipun sederhana mungkin sang kakak akan merasa jengkel dan sang adik akan merasa bahwa ia memiliki hak lebih dibandingkan kakak dan abangnya.

beberapa Kesalahan Ibu yang berdampak besar pada anak

Demikian informasi mengenai kesalahan ibu yang berdampak besar pada anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara agar menikah dengan biaya sedikit.

Kesalahan Ibu yang berdampak besar pada anak | | 4.5