Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Stress dan Tertekan

Sebagai orangtua kita perlu tahu beberapa kesalahan orangtua yang membuat anak stress dan tertekan. Banyak orangtua yang disadari atau tidak melakukan dan mungkin mengatakan hal-hal buruk yang membuat anak sakit hati, rendah diri atau mungkin benci pada orangtuanya.

Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Stress dan Tertekan

Beberapa kesalahan orangtua yang membuat anak stress dan tertekan yang perlu dihindari

1. Berkata kasar pada anak seperti mengatakannya bodoh, nakal atau sebagainya.

Jika orangtua mengatakan anaknya bodoh, maka mungkin saja anak berpikir bahwa ia benar benar bodoh dan akan sangat buruk dampaknya bagi masa depannya. Sudah menjadi kewajiban bagi orangtua untuk menasehati dan memuji anak dengan kata kata yang baik dan bukan dengan hujatan dan ejekan yang tidak perlu didengar anak.

2. Membandingkan anak dengan anak lain.

Ketika orangtua membandingkan anaknya dengan anak yang lain, maka disaat itu pulalah anak mulai membandingkan orangtuanya dengan orangtua yang lain. Dan percayalah, hanya orangtua yang nantinya merugi jika melakukan hal ini. Jika orangtua membandingkan anaknya dengan anak lain maka anak akan benci dengan anak yang lebih hebat dari dirinya tersebut, benci pada orangtuanya dan mungkin benci pada dirinya sendiri karena belum bisa membanggakan orangtuanya. Terimalah kondisi anak dengan penuh syukur dan sabar sambil terus melakukan yang terbaik agar anak menjadi jauh lebih baik di masa depannya.

3. Menghukum anak dengan hukuman fisik.

Jika hukuman fisik sudah terlalu sering dan mulai menyakiti anak maka jangan heran jika nanti ketika ia dewasa dan orangtuanya sudah mulai renta, sang anak akan mulai memperlakukan orangtuanya sebagai mana orangtuanya memperlakukannya sewaktu kecil. Mulailah berpikir jauh ke depan untuk orangtua, bukan untuk kepuasan sesaat saja.

4. Menelantarkan anak seperti tidak memberi jajan, tidak memandikan anak dan tidak peduli dengan keadaan anak.

Jika orangtua bertindak seperti itu maka jangan heran jika anak merasa tidak dihargai, tidak berguna, dan perasaan rendah diri lainnya yang tentu berdampak buruk pada masa depannya.

5. Eksploitasi anak tanpa mempedulikan keinginan dan perasaan anak.

Eksploitasi disini maksudnya adalah terlalu memaksakan kehendak orangtua pada anak. Seperti mengikutkan anak les ini itu dan mengikutkan anak pada lomba ini itu tanpa bertanya langsung pada anak tentang apa yang benar benar ia inginkan.

beberapa Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Stress dan Tertekan

Demikian informasi mengenai kesalahan orangtua yang membuat anak stress dan tertekan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai ciri ciri anak mengalami stres dan cara mencegahnya.

 

Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Stress dan Tertekan | | 4.5