Makanan selingan yang sehat untuk anak

Sebagai orangtua terutama ibu harus mengetahui makanan selingan yang sehat untuk anak. Berapa banyak kita melihat makanan dan jajanan yang sangat tidak baik untuk anak. Baik yang dijual di warung, toko, maupun yang dijajakan pedagang keliling. Baik makanan yang berupa kue atau makanan basah, atau makanan kering yang awet. Makanan makanan tersebut ada yang mengandung pengawet, pewarna makanan yang buruk, dan kandungan gula berlebih.

Makanan selingan yang sehat untuk anak

Pertimbangan dalam memilih makanan selingan yang sehat untuk anak

Aspek Gizi

Banyak jajanan anak yang hanya mengandung karbohidrat dan gula. Hal ini dikarenakan bahan bakunya banyak menggunakan tepung dan biji bijian yang kadar proteinnya rendah. Sehingga tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan, cukup dimakan dengan porsi sedikit setiap harinya.

Aspek Keamanan

Setiap makanan murah tentu berasal dari biaya operasional dan produksi yang murah. Biaya operasional yang murah bisa saja berasal dari tempat pembuatan yang kotor, sudah lama disimpan dan bercampur dengan makanan yang lain. Biaya produksi yang murah juga dikarenakan bahan yang digunakan sudah lama, memakai pengawet dan pewarna yang mungkin membahayakan anak.

Kiat Memberikan makanan selingan yang sehat untuk anak

Sebagai ibu, kita harus pandai memberikan asupan makanan yang bergizi untuk buah hati. Setelah makan pagi, ibu bisa membuat menu sederhana dalam porsi kecil yang didalamnya ada nasi, potongan kecil daging ikan, sedikit sayur dan ada sedikit telur, sebagai minuman selingan, ibu bisa membuat minuman berwarna dari campuran susu. Yang penting adalah ibu harus pandai pandai membuatnya sehingga anak tidak merasa ia makan makanan berat, tetapi makanan selingan dengan gizi yang cukup.

Sebagai ibu, rajin lah melihat resep resep makanan kecil di internet. Karena banyak sekali makanan sehat yang mudah dan murah pembuatannya.

Usahakan untuk hanya sedikit atau mungkin tidak menggunakan pewarna, pengawet, gula atau perasa gurih. Jika bunda harus membeli makanan selingan selalu lihat daftar kandungan gizi yang ada di kemasannya. Jangan pilih yang murah, tetapi pilih yang cocok untuk kebutuhan gizi anak.

Nasihatkan pada anak untuk hanya membeli makanan yang ada di kantin sekolah. Jangan biarkan anak membeli makanan di warung atau diluar sekolah karena kebersihannya belum tentu terjamin.

Agar anak tidak bosan, ibu harus pandai memvariasikan makanan dan minuman selingan anak yang bisa dibawa anak ke sekolah agar anak tidak malu dengan makanan yang itu itu saja yang dibawa anak ke sekolah.

beberapa Makanan selingan yang sehat untuk anak

Demikian informasi mengenai makanan selingan yang sehat untuk anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat informasi lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara meredakan emosi berlebihan pada anak.

Makanan selingan yang sehat untuk anak | | 4.5