Makanan yang perlu dihindari ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin

Setiap ibu hamil harus tahu makanan yang perlu dihindari ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin.

Makanan yang perlu dihindari ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin

Beberapa makanan yang perlu dihindari ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin

Keju. Keju lunak yang tidak dipasteurisasi bisa menjadi pelabuhan bakteri listeria yang bisa mengancam kesehatan janin.

Daging setengah matang, karena daging mentah dan setengah matang bisa menjadi tempat bakteri toxoplasma. Jika makan daging di luar rumah, pastikan daging yang kamu makan sudah benar benar masak dan masih panas ketika disajikan.

Beberapa jus. Ketika ibu membeli jus di luar, mungkin ada yang tidak membersihkan buahnya dengan benar benar bersih sehingga masih terdapat bakteri salmonella dan E Coli di dalamnya. Jika ibu ingin juga mengkonsumsi jus, ibu bisa membeli jus dalam kotak yang dijual di rak supermarket karena kebersihannya lebih terjaga.

Sushi. Meskipun makanan laut ini menjadi sumber protein, tetapi bisa menjadi sumber parasit dan bakteri berbahaya.

Telur mentah atau setengah matang.

Produk olahan berbahan telur.  Makanan yang menggunakan telur mentah biasanya yaitu saus salad, saus hollandaise, dan mayones.

Daging unggas olahan (cepat saji). Unggas mentah yang dicampur dengan bumbu bumbu mentah lain bisa membuat bakteri berkembang biak. Jika ibu masih ingin mengkonsumsi unggas, ibu langsung beli yang masih dalam keadaan beku lalu langsung masak dalam keadaan beku, jangan tunggu mencair karena akan membuat bakteri cepat berkembang biak.

Ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan mackerel dan ikan hiu. Ibu bisa mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri rendah seperti salmon dan lele.

Buah atau sayur yang tidak dicuci atau yang belum dipotong. Permukaan sayur dan buah bisa mengandung bakteri baik dari sisa pestisida atau bakteri yang menempel dari tanah. Gunakan sikat bersih berukuran kecil untuk menyikat sayuran anda dan jangan lupa untuk mengupas kulit buah yang akan anda konsumsi seperti apel, pear ataupun buah lain yang biasanya anda makan tanpa memotong kulitnya.

Ikan yang didapat dari hasil pancingan. Ini dikarenakan kita tidak mengetahui diwilayah mana ikan tersebut dipancing. Apakah berasal dari sungai atau danau yang tercemar bahan kimia industri yang bisa membahayakan anda dan juga janin anda.

Makanan kaleng. Karena biasanya makanan kaleng memiliki banyak zat kimia berpengawet untuk membuatnya tahan lama.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kafein tidak hanya ada pada kopi tetapi juga ada pada soda, tehk, coklat, dan banyak minuman berenergi lainnya.

Alkohol. Tentu saja minuman yang mengandung alkohol bisa menyebabkan kecacatan pada janin. Bahkan ketika hanya sedikit, alkohol tetaplah berbahaya untuk janin anda.

Demikian informasi mengenai Makanan yang perlu dihindari ibu hamil untuk menjaga kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai pengaruh usia kehamilan pada kesehatan ibu dan janin.

Makanan yang perlu dihindari ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin | | 4.5