Manfaat mempelajari psikologi pendidikan

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Psikologi ini memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.  Menurut  ensiklopedia amerika, Psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan dan menerapkan prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.

psikologi pendidikan

Objek Kajian psikologi pendidikan

Objek kajian tidak mengabaikan persoalan psikologi guru yang berpengaruh pada peserta didik. Karena hakikat pendidikan adalah pelayanan yang secara khusus diperuntukkan bagi peserta didik. Oleh karena itu objek kajian nya selain teori-teori psikologi pendidikan tetapi lebih condong pada aspek psikologis peserta didik, khususnya ketika para peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran.

Menurut Glover dan Ronning, objek kajian psikologi pendidikan mencakup topik-topik tentang pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, perbedaan individual peserta didik, potensi dan karakteristik tingkah laku peserta didik, pengukuran proses dan hasil pendidikan, kesehatan mental, motivasi dan minat peserta didik.

pengertian psikologi pendidikan
Menurut Syaodih Sukmadinata dalam Syaiful Sagala mengatakan bahwa objek kajian psikologi pendidikan adalah interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.

Psikologi ini berusaha untuk mewujudkan kegiatan psikologis yang tepat dalam interaksi antar setiap faktor pendidikan. Pengetahuan psikologis tentang kebutuhan dan keinginan peserta didik menjadi hal yang sangat penting dalam pendidikan. Oleh karena itu, pengetahuan tentang psikologi pendidikan seharusnya menjadi keharusan bagi para guru, bahkan bagi tiap orang yang menyadari dirinya sebagai pendidik.

Objek kajian psikologi pendidikan

Mengenai kegiatan belajar, meliputi teori-teori, prinsip-prinsip, dan ciri-ciri khas perilaku belajar peserta didik, dan sebagainya;

Mengenai kegiatan proses belajar, meliputi tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar peserta didik;

teori psikologi pendidikan

Mengenai situasi belajar, yakni suasana dan keadaan lingkungan, baik bersifat fisik maupun nonfisik.

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Hereditas & Lingkungan
Pertumbuhan & Perkembangan
Potensial & Karakteristik Tingkah laku
Hasil Proses Pendidikan & Pengaruhnya Terhadap Individu yang Bersifat Personal dan Sosial
Higiene Mental & Pendidikan dan
Evaluasi Hasil Pendidikan

Namun menurut Sumadi Suryobroto ( 1987 ) Ruang Lingkup psikologi pendidikan meliputi hal hal seperti:
manfaat mempelajari psikologi pendidikan

Pengetahuan tentang psikologi pendidikan seperti pengertian ruang lingkup, tujuan mempelajari dan sejarah munculnya psikologi pendidikan
Pembawaaan
Lingkungan fisik & psikologis
Perkembangan mental atau kemampuan siswa
Proses – proses tingkah laku
Hakekat & ruang lingkup belajar
Faktor yang mempengaruhi belajar
Hukum & teori belajar
Pengukuran pendidikan
Aspek praktis pengukuran pendidikan
Transfer belajar
Ilmu statistik dasar
Kesehatan mental
Pendidikan membentuk watak / kepribadian
Kurikulum pendidikan sekolah dasar
Kurikulum pendidikan sekolah menengah

Demikian informasi mengenai manfaat mempelajari psikologi pendidikan. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai fakta unik tentang wanita.

 

Manfaat mempelajari psikologi pendidikan | | 4.5