Manfaat mengatur jarak kelahiran anak

Setiap pasangan baru harus tahu manfaat mengatur jarak kelahiran anak untuk mendapatkan kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga.

Manfaat mengatur jarak kelahiran anak

Beberapa manfaat mengatur jarak kelahiran anak.

Jika jarak umur antar anak 3 tahun, maka ibu bisa memberikan ASI pada anak secara penuh selama 2 tahun. Sehingga akan menjadi anak yang kuat secara fisik dan mental.

Kasih sayang orang tua akan menjadi lebih maksimal hingga anak berusia tiga tahun. Karena usia sebelum tiga tahun harus sangat dekat dengan orangtuanya terutama pada ibunya. Dengan mengatur jarak kelahiran, maka anak tidak merasa tersisih dan cemburu karena perhatian orangtuanya tertuju pada adiknya.

Kebutuhan anak mengenai mainan juga terpenuhi sehingga tidak terjadi abang dan adik yang berkelahi karena berebut mainan.

Lebih menghemat biaya melahirkan. Bayangkan jika istri anda melahirkan lagi dalam waktu kurang dari 2 tahun, dan melahirkan secara sesar. Tentu anda akan harus pontang panting untuk membiayai kelahiran anak anda. Dengan mengatur jarak kelahiran, anda bisa lebih tenang dan santai mencari rezeki karena semuanya sudah anda perkirakan.

Kesehatan ibu dan anak akan lebih baik. Ibu tidak terlalu kelelahan dan stress sehingga kesehatannya akan terjaga. Anak juga akan mendapatkan penuh perhatian dan kasih sayang dari orangtuanya.

Ibu bisa mengembangkan diri dengan belajar hal baru dan menyalurkan hobi.

Proses dan biaya pendidikan anak bisa dikontrol dengan baik.

Suami dan istri akan lebih punya waktu untuk menjadi romantis kembali. Ini sangat penting, karena jangan sampai waktu orangtua hanya habis untuk anak. Luangkan waktu anda beserta pasangan untuk makan diluar atau liburan berdua walaupun sebentar.

Orangtua tidak terlalu kerepotan ketika mengajak liburan anak. Ketika anda pergi liburan dengan anak anak yang masih kecil kecil tentu bukan hal yang mudah. Yang satu rewel, yang satu menangis, yang satu buang air dan yang satunya lagi berkeliaran kemana mana. Dengan jarak 3 tahun antara umur abang dan adik maka sang abang bisa membantu menjaga dan bermain bersama adiknya sehingga ibu tidak terlalu kewalahan mengurus adiknya.

Demikian informasi mengenai Manfaat mengatur jarak kelahiran anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab rasa cemburu yang sering muncul dalam rumah tangga.

Manfaat mengatur jarak kelahiran anak | | 4.5