Mematahkan mitos sehari hari

Mematahkan mitos sehari hari harus dilakukan agar tidak ada informasi yang simpang siur tanpa ada alasa ilmiah yang jelas.

Mematahkan mitos sehari hari

mitos sehari hari

  • Meskipun mungkin berguna dalam menilai seseorang atau memprediksi pilihan emosi jangka panjang kita, insting dan firasat pertama biasanya tidak memadai untuk menilai pernyataan ilmiah tentang manusia.
  • Banyak kepercayaan yang disebarluaskan melalui berita dari mulut ke mulut tidak lebih dari sekadar legenda setempat, jadi kita tidak seharusnya menganggap kepercayaan yang menyebar luas tersebut akurat. Kita seharusnya bersikap skeptic terhadap kalimat apa pun yang dimulai dengan “semua orang tahu kalau…”
  • Ulasan medis sering menyesatkan, dan membuat kita menilai terlau tinggi frekuensi kejadian sensasional dan meremehkan frekuensi kejadian biasa. Selain itu, media biasanya cenderung terlalu menyederhanakan fenomena rumit dengan tujuan menyampaikan kisah yang baik. Namun, kisah yang baik tidak selalu kisah yang akurat.
  • Sampel yang bias bisa menghasilkan kesimpulan yang bias pula. Jika kita lebih banyak berhubungan dengan kelompok orang tertentu misalnya orang yang mengalami gangguan jiwa dalam bidang pekerjaan kita, persepsi kita mengenai kelaziman sifat tertentu pada orang orang secara keseluruhan seringkali menjadi bias.
  • Mematahkan mitos sehari hari dengan melihat beberapa bias. Beberapa bias tertentu, seperti korelasi semu, bias konfirmasi, dan penggunaan berlebihan heuristic keterwakilan dan ketersediaan, dapat membuat kita menarik kesimpulan yang salah. Heuristic adalah jalan pintas dan rumus praktis yang berguna, tetapi kita akan sering membuat kesalahan jika mengandalkannya dengan membabi buta tanpa bersikap kritis.
  • Korelasi bukan hubungan sebab akibat, jadi temuan bahwa dua hal secara statistic berkorelasi tidak memberi tahu kita “apa menyebabkan apa” selain itu, hanya karena satu hal terjadi sebelum yang lain tidak berarti yang pertama menyebabkan yang kedua.
  • Penelitian ilmiah yang dilaksanakan secara seksama, meskipun jarang sempurna, merupakan hadiah berharga yang seharusnya tidak boleh diremehkan karena ini adalah perlindungan terbaik kita dari kesalahan manusia.

Mematahkan mitos sehari hari

Demikianlah informasi mengenai mematahkan mitos sehari hari. Artikel terbaru bisa dilihat di Home. Artikel berikutnya mengenai info psikologi perkembangan manusia.

Mematahkan mitos sehari hari | | 4.5