Mitos belajar sambil tidur

Mitos belajar sambil tidur (Sleep-assisted learning), juga sering ditampilkan dalam banyak buku, acara televisi dan film terkenal. Dalam novel brilian, tetapi menakutkan, karya Anthony Burgess (1962), A Clock-work Orange, yang kemudian diangkat menjadi film pemenang penghargaan oleh sutradara Stanley Kubrick, para pejabat pemerintah gagal menggunakan pembelajaran dibantu tidur untuk mengubah tokoh utama, Alex, dari seorang psikopat menjadi anggota masyarakat yang terhormat.

Dalam episode acara televisi terkenal, Friends, Chandler Bing (diperankan oleh Matthew Perry) berusaha untuk berhenti merokok dengan mendengar kaset berisi sugesti untuk berhenti merokok selama tertidur. Meski demikian, tanpa pengetahuannya, kaset tersebut berisi sugesti, “kau wanita yang kuat dan percaya diri”, sehingga membuat chandler bersikap seperti wanita dalam kehidupan sehari hari.

belajar sambil tidur

Untuk menyelidiki mitos belajar sambil tidur, para peneliti harus secara acak meminta sebagian partisipan mendengarkan rangsang melalui kaset, seperti kata asing, selama tidur dan sebagian yang lain mendengarkan kaset “kontrol” yang berisi rangsangan yang tidak relevan, dan kemudian meneliti pengetahuan mereka mengenai rangsangan ini menggunakan tes yang terstandar.

Hal yang menarik, sebagian temuan awal mengenai pembelajaran dibantu tidur memberikan hasil yang menggembirakan. Sekelompok peneliti memperdengarkan sandi morse kepada para pelaut selama mereka tidur. Para pelaut ini menguasai sandi Morse tiga minggu lebih cepat dibanding para pelaut lain. Beberapa studi lain dari bekas negara Uni Soviet tampaknya juga memberikan dukungan untuk klaim bahwa orang bisa mempelajari sesuatu yang baru, seperti kata atau kalimat, sambil mendengarkan kaset selama tidur.

Namun, beberapa laporan positif awal ini lalai mengantisipasi penjelasan alternative yang sangat menentukan, yaitu kaset tersebut mungkin membangunkan partisipan! Hampir semua studi yang menunjukkan efek positif tidak memantau gelombang otak partisipan untuk memastikan mereka benar benar tidur selama mendengarkan kaset. Beberapa studi dengan control lebih baik, yang mengamati gelombang otak partisipan untuk memastikan mereka benar benar tidur, memberikan sedikit bukti hingga sama sekali tidak ada bukti untuk pembelajaran dibantu tidur. Jadi, jika kaset sleep-learning berhasil, itu mungkin karena para partisipan mendengar kaset tersebut sepenggal sepenggal saat sesekali terbangun dari tidur.

mitos belajar sambil tidur

Mitos belajar sambil tidur paling populer yaitu mendengarkan kaset saat benar benar bangun tidak hanya jauh lebih efisien, tetapi mungkin juga lebih efektif. Jadi, mengenai cara cepat menguasai pengetahuan baru atau mengurangi stress, disarankan anda tidak membuang buang uang dengan membeli kaset tersebut, tetapi tidur lebih nyenyak saja.

Demikianlah informasi mengenai mitos belajar sambil tidur. Untuk artikel terbaru lainnya silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur.

Mitos belajar sambil tidur | | 4.5