Mitos Komunikasi Manusia

Mitos komunikasi manusia, kepercayaan bahwa pria dan wanita berkomunikasi dengan cara yang sama sekali berbeda sehingga mengakibatkan kesalahpahaman abadi telah berakar dalam budaya populer. Banyak acara televisi dan kartun, seperti the Simpsons dan king of the hill, sangat mengeksploitasi perbedaan komunikasi antara suami dan istri yang sering tidak sengaja terlihat lucu.

Para pria dalam film ini membicarakan olahraga, makan, berburu, dan berjudi, sedangkan para wanitanya membicarakan tentang perasaan, pertemanan, hubungan, dan kehidupan rumah tangga. Selain itu, berbagai cara tersebut biasanya menggambarkan para pria sebagai pribadi yang kurang memahami perasaan atau dengan kata yang sedikit kasar “bebal”.

komunikasi manusia

Mitos komunikasi manusia

  • Mitos komunikasi manusia yang pertama yaitu apakah wanita lebih banyak bicara dibanding pria? Meskipun kepercayaan bahwa wanita lebih suka berbicara dibanding pria telah populer selama beberapa decade, ahli ilmu jiwa Loann Brizendine mengatakan bahwa wanita berbicara rata rata 20.000 kata perhari sementara pria hanya 7000 kata, dan sejumlah media setera menyiarkan perbedaan ini sebagai sesuatu yang tak dapat dipungkiri. Namun, penelitian mendalam tentang laporan ini mengungkapkan bahwa laporan ini sepenuhnya diambil dari buku motivasi diri dan berbagai sumber tangan kedua, bukan dari penelitian sistematis. Namun penelitian terakhir menunjukkan bahwa wanita dan pria sama sama berbicara sekitar 15.000 kata setiap hari.
  • Apakah wanita jauh lebih terbuka tentang diri mereka dibanding pria? Berbeda dengan stereotip populer bahwa wanita lebih banyak berbicara dibanding pria tentang berbagai persoalan pribadi yang penting bagi mereka. Hasil penelitian sistematis menunjukkan bahwa wanita hanya sedikit lebih terbuka tentang diri mereka dibanding pria.
  • Mitos komunikasi manusia yang terakhir yaitu apakah pria lebih banyak menyela percakapan orang lain dibanding wanita? Hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Dalam beberapa studi saat wanita memegang kendali, mereka cenderung lebih sering menyela, lebih sering berbicara, dan berbicara lebih lama dibanding pria.

Mitos berkomunikasi seperti

Jadi para wanita dan pria memang berkomunikasi dengan cara yang sedikit berbeda, dan beberapa perbedaan ini cukup besar sehingga sangat berarti. Namun, untuk tujuan praktis, pria dan wanita jauh lebih sama, bukannya berbeda, dalam hal gaya berkomunikasi, dan tidak jelas apakah perbedaan ini lebih banyak ditentukan oleh perbedaan intrinsic antarjenis kelamin atau perbedaan kekuasaan antarjenis kelamin. Dari semua studi, perbedaan jenis kelamin dalam komunikasi jarang melebihi kisaran kecil dengan menggunakan d-Chone.

Jadi, selain dalam buku, pusat konsultasi, dan bahkan drama musical John Gray, pria tidak berasal dari Mars dan wanita tidak berasal dari Venus. Alih-alih menurut peneliti di bidang komunikasi mungkin lebih akurat untuk mengatkaan bahwa pria berasal dari North Dakota dan wanita berasal dari South Dakota.

Mitos komunikasi manusia

Demikianlah informasi mengenai mitos komunikasi manusia. Artikel terbaru bisa dilihat di Home page. Artikel berikutnya mengenai fakta unik tentang perilaku manusia.

Mitos Komunikasi Manusia | | 4.5