Mitos orang tua jaman dulu

Mitos orang tua jaman dulu memang beragam. Seperti sebagian gejala krisis paruh baya, seperti bercerai, sebenarnya lebih mungkin terjadi sebelum usia paruh baya. Di Amerika Serikat, orang orang pertama bercerai rata rata dalam 5 tahun pertama pernikahan, pada usia 33 tahun untuk pria dan 31 tahun untuk wanita. Selain itu, ketika orang orang membeli mobil sport impian mereka pada usia 40-an, itu mungkin sama sekali bukan upaya menerima krisis dengan cara sesibuk mungkin. Alih alih, mereka mungkin akhirnya mampu membeli mobil yang mereka impikan saat remaja.

Mitos orang tua jaman dulu antara lain

Mitos orang tua jaman dulu seperti bahwa krisis paruh baya dimulai saat berumur 40 tahunan, tidak memberikan bukti kuat bahwa pendapat yang mengatakan bahwa paruh baya merupakan masa yang sulit dan membuat stress. Dalam studi terhadap 1.500 penduduk Cina yang telah menikah pada usia 30-60 tahun, peneliti tidak menemukan tingkat ketidakpuasan tinggi yang mendekati krisis pada mayoritas pria dan wanita paruh baya. Bahkan di budaya selain budaya barat, orang berusia 40-60 tahun umumnya merasa lebih bisa mengendalikan hidup mereka dan jauh lebih bahagia dibanding sepuluh tahun sebelumnya. Selain itu, lebih dari tiga perempat responden menilai hubungan mereka baik hingga sangat baik. Pria dan wanita berpeluang sama mengalami apa yang mereka anggap krisis paruh baya. Para peneliti menemukan bahwa kekhawatiran akan krisis paruh baya lebih umum dibanding benar benar mengalami krisis tersebut.

Beberapa temuan lain mematahkan mitos orang tua jaman dulu seperti mitos tentang krisis paruh baya. Dari semua studi, hanya 10% orang yang melaporkan mengalami krisis paruh baya. Selain itu, usia paruh baya bisa menjadi periode puncak fungsi psikis. Jelas, krisis paruh baya tidak dialami semua orang, atau bahkan tidak mungkin terjadi.

Mitos orang tua jaman dulu seperti

Mitos orang tua jaman dulu bisa dilihat dari sindrom sarang kosong.

Seorang ibu masuk ke kamar putranya untuk mencium bau kaus putranya tersebut, tak lama setelah putranya pergi kuliah untuk pertama kalinya. Dengan ekspresi yang aneh tersebut, dikenal dengan nama “sindrom sarang kosong”, istilah yang menjelaskan kepercayaan umum bahwa sebagian besar wanita merasakan depresi yang sangat mengganggu ketika anak mereka meninggalkan rumah atau menikah.

Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mitos orang tua jaman seperti kepercayaan umum bahwa wanita mengalami krisis paruh baya seperti yang dialami pria ketika anak mereka meninggalkan rumah sehingga membuat rumah menjadi kosong. Sebagian besar orangtua, baik ayah atau ibu, berhasil melakukan penyesuaian yang sangat baik karena mereka menganggap perpindahan anak dari rumah merupakan hal positif, dan hubungan dengan anak menjadi lebih seperti teman sebaya ketika mereka mendapatkan kebebasan yang lebih besar. Selain itu, sebagian besar orangtua yang rumahnya kosong sebenarnya mengalami peningkatan kepuasan hidup setelah menemukan fleksibilitas dan kebebasan baru. Bukti terkini yang melacak hubungan pernikahan selama 18 tahun juga menunjukkan adanya kepuasan dalam pernikahan.

Mitos orang tua jaman dulu

Perubahan dalam peran rumah tangga, dan waktu luang yang mendadak semakin banyak, membuat semua anggota keluarga perlu melakukan beberapa penyesuaian. Orang orang yang sangat terikat dengan peran mereka sebagai orangtua, memegang teguh pandangan kuno terhadap peran wanita dalam masyarakat dan keluarga, dan tidak bekerja di luar rumah mungkin lebih rentan mengalami sindrom sarang kosong. Namun kepindahan anak biasanya bukan pengalaman yang sangat menyedihkan bagi orangtua, seperti yang sering digambarkan dalam media. Bahkan, ketika anak berhasil melewati transisi menjadi pemuda, dan orangtua menuai hasil perjuangan membesarkan anak mereka selama bertahun tahun, hal itu dapat menjadi peristiwa yang patut dirayakan.

Demikianlah informasi mengenai mitos orang tua jaman dulu. Artikel terbaru lainnya ada di Home. Artikel berikutnya mengenai mitos penyakit pikun pada usia lanjut.

Mitos orang tua jaman dulu | | 4.5