Mitos penyakit kanker

Mitos penyakit kanker mengatakan bahwa kanker berhubungan erat dengan sikap kita. Mungkin pikiran negative, pesimisme, dan stress menciptakan kondisi yang menyebabkan sel tubuh kita menjadi liar dan kanker berkembang. Jika benar demikian, buku motivasi diri, afirmasi positif, visualisasi tubuh bebas kanker dan kelompok motivasi diri dapat menggembleng kekuatan berpikir positif dan membantu sistem kekebalan tubuh menang melawan kanker.

Banyak sekali laporan populer yang memuji peran sikap dan emosi positif dalam menghentikan perkembangan kanker yang sering kali sangat kejam yang secara tidak langsung mendukung penyebaran mitos penyakin kanker ini. Namun, pesan ini memiliki arti terselubung yang lebih negative, yaitu jika sikap positif yang berperan, orang stress dengan pandangan yang suram akan diri mereka sendiri dan dunia membuat diri mereka sendiri terkena kanker.

penyakit kanker

Dengan demikian, fakta atau fiksi mengenai hubungan antara sikap serta emosi pasien di satu sisi, dan kanker di sisi lain, memiliki konsekuensi penting bagi lebih dari 12 juta orang di seluruh dunia yang didiagnosis menderita kanker setiap tahunnya, dan mereka yang bergelut dalam perjuangan berkepenjangan melawan penyakit ini. Tapi ada yang mengatakan bahwa dengan bersikap dan berpikiran positif bisa mengurangi dan mencegah kanker, hal ini hanya merupakan perasaan orang yang mengatakan hal itu saja. Tidak ada hasil penelitian yang menunjukkan hal ini bisa terjadi.

Jadi, mengapa mitos penyakit kanker yang mengatakan bahwa sikap positif dapat membantu menyembuhkan kanker menjadi sangat populer? Sebagian hampir pasti karena kepercayaan ini sesuai dengan harapan seseorang, khususnya mereka yang mencarinya dengan sekuat tenaga. Selain itu, orang yang sembuh dari kanker yang menghubungkan hasil baik yang mereka alami dengan sikap positif dapat menjadi korban pertimbangan post hoc, ergo propter hoc (setelah ini sehingga karena ini). Fakta bahwa seseorang mempertahankan sikap positif sebelum kanker mereka sembuh tidak berarti sikap ini menyebabkan kanker sembuh, hubungan terssebut bisa saja kebetulan.

Terakhir, kita mungkin lebih sering mendengar dan mengingat tentang mitos penyakit kanker yang bisa melawan kanker dengan pemikiran positif dibanding kasus orang yang tidak sembuh dari kanker meskipun memiliki pemikiran positif. Meskipun visualisasi, afirmasi dan saran yang belum tentu benar di internet mungkin tidak akan menyembuhkan atau menghambat kanker, bukan berarti sikap positif tidak dapat membantu dalam menghadapi kanker.

mitos penyakit kanker

Mitos Penyakit Kanker

Para penderita kanker masih bisa melepaskan sebagian besar beban fisik dan emosional mereka dengan mencari pengobatan medis dan psikologis yang berkualitas, menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, dan mencari makna serta tujuan dalam setiap momen dalam kehidupan mereka. Bertentangan dengan kepercayaan yang menyebar luas, para penderita kanker boleh merasa lega karena berbagai temuan menegaskan bahwa sikap mereka bukan penyebab kanker mereka.

Demikianlah informasi mengenai mitos penyakit kanker. Artikel terbaru bisa dilihat di Home. Artikel selanjutnya mengenai fakta tentang berpikir positif.

 

Mitos penyakit kanker | | 4.5