Mitos Penyebab Tekanan Psikologis

Mitos penyebab tekanan psikologis, Pendapat bahwa rendah diri mengganggu kesehatan psikologis telah memberikan dampak terhadap kebijakan umum. Percaya diri juga merupakan hal yang penting saat masuk ke dunia pendidikan dan kerja. Banyak guru sekolah menyusun daftar berisi apa yang membuat mereka menjadi orang baik dengan harapan dapat membuat para siswa lebih menghargai diri mereka sendiri.  Meskipun rasa percaya diri sangat dibutuhkan, namun rendah diri bukanlah penyebab utama masalah psikologis.

tekanan psikologis

Mitos penyebab tekanan psikologis

Sebagian besar penelitian terhadap mitos penyebab tekanan psikologis menunjukkan bahwa rendah diri tidak memiliki hubungan kuat dengan kesehatan jiwa yang buruk. Penelitian tentang mitos penyebab tekanan psikologis,  juga menemukan bahwa percaya diri memiliki hubungan lemah dengan kesuksesan seseorang.

Percaya diri juga tidak berkaitan dengan kebiasaan merokok, penyalahgunaan alkohol, atau penyalahgunaan obat. Selain itu, peneliti menemukan bahwa percaya diri tampaknya bukan penyebab prestasi sekolah meskipun memiliki korelasi positif dengan hal itu. Alih ali, prestasi sekolah yang baik tampaknya ikut andil dalam meningkatkan percaya diri. Kemungkinan, sebagian peneliti terdahulu salah mengartikan korelasi antara percaya diri dan prestasi sekolah sebagai efek sebab akibat langsung dari percaya diri. Selain itu, meskipun percaya diri berhubungan dengan depresi, korelasinya sedang. Jadi rendah diri tidak menyebabkan depresi.

Anak anak yang suka mengganggu anak lain dan sebagian anak yang agresif cenderung memiliki pendapat yang terlalu positif tentang bagaimana orang lain memandang diri mereka. Anak yang agresif kemungkinan menilai terlalu tinggi kepopuleran mereka dibanding anak yang tidak agresif, kecenderungan ini khususnya ditemui pada anak narsistik.

Mitos Penyebab tekanan psikologis

Percaya diri juga berhubungan dengan kecenderungan memandang diri sendiri lebih positif dibanding orang lain. Orang dengan percaya diri tinggi senantiasa menganggap diri mereka lebih pintar, lebih menarik, dan lebih disukai dibanding orang lain. Namun, semua pendapat tersebut hanya ilusi karena orang dengan percaya diri tinggi tidak meraih nilai lebih tinggi dalam pengukuran kecerdasan, kecantikan dan kepopuleran yang objektif.

Demikianlah informasi mengenai mitos penyebab tekanan psikologis. Artikel terbaru bisa dilihat di Home. Artikel selanjutnya mengenai mitos masalah sosial pelecehan seksual.

Mitos Penyebab Tekanan Psikologis | | 4.5