Mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur

Mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur ini hanyalah mitos sebab penelitian menujukkan bahwa tidak ada seorang pun yang benar benar keluar dari tubuhnya saat tidur, melainkan hanya kebohongan belaka. Jika orang tidak benar benar meninggalkan tubuh mereka selama OBE(out of body experience), apa yang menjelaskan perubahan kesadaran mereka yang dramatis? Cara kita merasakan “diri kita sendiri” bergantung pada informasi sensoris yang saling memengaruhi dengan rumit.

Salah satu hipotesis dari mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur adalah OBE mencerminkan putusnya kesadaran seseorang akan tubuh dan sensasi mereka. Sesuai dengan kemungkinan ini, penelitian menunjukkan bahwa OBE terjadi karena tidak berhasilnya sejumlah daerah otak dalam menggabungkan informasi dari berbagai indra. Ketika kita mengambil pisau dan merasakan ujungnya yang tajam, kita tidak saja merasakan tajamnya pisau itu, tetapi juga menyadari diri kita sebagai pelaku aktifnya.

roh keluar dari tubuh manusia

Dua studi mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur.

Dua studi tentang mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur menunjukkan bahwa ketika indra peraba dan penglihatan kita kacau, pengalaman biasa akan tubuh fisik kita juga terganggu. Dalam sebuah penelitian, para partisipan mengenakan kacamata khusus yang memungkinkan mereka melihat video diri mereka sendiri yang khusus yang memungkinkan mereka melihat video diri mereka sendiri yang diambil dengan kamera yang diletakkan di belakang mereka.

Cara ini menciptakan ilusi aneh pada tubuh mereka, yang dilihat dari belakang, benar benar berdiri di depan mereka. Dengan kata lain, para partisipan sangat benar benar melihat tubuh mereka di tempat kedua, yang terpisah dari tubuh fisik mereka sendiri. Ehrsson menyentuh dada partisipan dengan tongkat, sementara dia menggunakan kamera untuk membuat gambar yang ditampilkan terlihat disentuh pada saat yang bersamaan. Para partisipan melaporkan sensasi seram bahwa kembaran mereka dalam video juga disentuh, dan dengan demikian merasakan mereka berada di luar tubuh mereka.

Setelah partisipan melihat kembaran mereka, para peneliti secara bersamaan menyentuh punggung mereka dan kembaran yang ditampilkan. Para peneliti kemudian menutup mata para partisipan dan memindahkan mereka, lalu mereka kembali ke tempat semula. Sungguh menarik, para partisipan kembali ke tempat yang lebih dekat dengan tempat kembaran mereka ditampilkan alih alih ke tempat mereka berdiri semula. Fakta bahwa para partisipan tertarik kea rah kembaran mereka menunjukkan bhawa mereka merasakan lokasi mereka di luar tubuh mereka.

Banyak peneliti yang telah mencoba menemukan daerah otak yang bertanggung jawab atas mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur (OBE). Di laboratorium, beberapa peneliti berhasil memicu OBE – laporan bahwa diri seseorang terpisah dari tubuhnya – dengan merangsang cuping temporal, khususnya tempat bergabungnya cuping temporal dan parietal otak kanan.

Mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur adalah

Kita tentu saja dapat mempertanyakan hubungan temuan laboratorium dengan OBE yang terjadi dalam kehidupan sehari hari, dan kemungkinan bahwa penyebabnya berbeda. Namun, fakta bahwa para ilmuwan dapat menghasilkan pengalaman yang mirip sekali dengan OBE yang terjadi secara spontan menunjukkan bahwa kesadaran kita tidak benar benar meninggalkan tubuh kita selama OBE, meskipun ada keyakinan subjektif yang sangat kkuat bahwa hal tersebut benar benar terjadi.

Demikianlah informasi mengenai Mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur. Artikel terbaru lainnya bisa dilihat di Home page. Artikel berikutnya mengenai mitos dan fakta tentang hipnotis.

Mitos roh keluar dari tubuh manusia saat tidur | | 4.5