Mitos tentang hipnotis

Mitos tentang hipnotis memang sudah tersebar luas.

Kepercayaan bahwa hypnosis memiliki kekuatan khusus untuk membangkitkan kembali ingatan yang telah hilang tetap bertahan hingga kini. Kepercayaan bahwa kekuatan hypnosis bisa meningkatkan ingatan memiliki sejarah panjang dan terkadang berubah ubah. Kepercayaan bahwa hypnosis dapat membantu para pasien menggali ingatan yang terkubur mengenai kejadian traumatis juga meurpakan dasar pemikiran “hipnoanalisis”.

Sebagian terapis percaya bahwa peluang kembalinya ingatan secara lengkap semakin tinggi, jika emosi yang berhubungan dengan berbagai kejadian yang diingat dikeluarkan semua dalam abreaksi (pelampiasan semua perasaan yang menyakitkan), dan perasaan bersalah serta marah yang muncul akan diproses dalam sesi hypnosis berikutnya.

Mitos tentang hipnotis

Sebagian peneliti dan dokter modern berpendapat bahwa hypnosis dapat menggali berbagai informasi penting yang telah lama terkubur. Namun, secara umum, pendapat sebagian besar ahli telah berubah sampai kepada titik di mana para ahli jiwa forensic mengakui secara luas, bahwa hypnosis tidak berpengaruh terhadap ingatan atau merusak dan mengubah ingatan. Jadi mitos tentang hipnotis tidak bisa merusak atau mengubah ingatan.

Hypnosis dapat menghasilkan lebih banyak kesalahan mengingat atau ingatan palsu dibanding cara mengingat biasa. Sebagian terapis bahkan bertindak lebih jauh dengan mengatakan bahwa berbagai masalah saat ini ada hubungannya dengan kehidupan sebelumnya, dan pengobatan yang dibutuhkan adalah terpai mengingat kembali kehidupan masa lalu menggunakan hypnosis.

Meskipun berbagai pengalaman selama mundur ke masa lalu tampak meyakinkan baik bagi pasien dan terapis, laporan mengenai kehidupan masa lalu merupakan produk imajinasi, fantasi dan apa yang diketahui para pasien tentang periode sejarah tertentu. Sebenarnya, gambaran para pasien mengenai situasi sejarah kehidupan masa lalu mereka, ketika diteliti lagi dengan fakta yang sudah diketahui jarang akurat.

Mitos tentang hipnotis seperti

Akan tetapi, tidak semua mitos tentang hipnotis menimbulkan permasalahan ilmiah. Bukti penelitian dengan control menunjukkan bahwa hypnosis mungkin berguna dalam mengobati rasa sakit, kondisi medis, dan gangguan kebiasaan seperti kecanduang mrokok, dan sebagai pendukung terapi perilaku kognitif untuk rasa gelisah, kegemukan dan kondisi lain. Namun, sampai sejauh mana hypnosis memberikan manfaat selain perasaan relaks dalam berbagai kasus ini masih tidak jelas.

Singkatnya, kesimpulan bahwa hypnosis dapat membangkitkan ingatan palsu pada sebagian orang tak dapat disangkal lagi. Meskipun menghubungi ahli hypnosis untuk mencari cincin favorit yang salah anda taruh beberapa tahun lalu mungkin menarik, kami merekomendasikan anda terus mencari saja.

Mitos tentang hipnotis adalah

Demikianlah informasi mengenai Mitos tentang hipnotis. Artikel terbaru lainnya bisa dilihat di Home. Artikel berikutnya mengenai mitos tentang trauma.

Mitos tentang hipnotis | | 4.5