Pengertian dan sejarah psikologi kognitif

Sejarah singkat mengenai psikologi kognitif

Psikologi kognitif sebagai studi tentang kognisi atau proses-proses mental yang mendasari prilaku manusia yang meliputi berbagai bagian bagian disiplin ilmu termasuk memori, belajar, persepsi dan penyelesain masalah. Psikologi kognitif telah berkembang melalui beberapa fase penelitian tentang introspeksi, kemudian berkembang memasuki pengondisian klasik bersama oleh Thorndike kemudian beralih ke teori behaviorisme Pavlov, Watson dan Skiner.

Karyanya dimasa sekarang yang terkenal yaitu dengan meningkatnya kecanggihan ilmu tentang otak saat ini, termasuk di dalamnya perkembangan teknologi teknologi baru seperti pencitraan otak, sehingga bisa memberikan kemungkinan bagi pemusatan pengetahuan psikologi dan neurifisiologi dan munculnya disiplin-disiplin baru seperti ilmu kognitif dan neuropsikologi. Area-area utama yang dipelajari dalam psikologi kognitif adalah persepsi fisual, atensi, memori, bahasa, berfikir, pengembalian keputusan. Kognisi adalah istilah ilmiah untuk proses berfikir (process of thought). Kata tersebut berasal dari bahasa latin cognoscere yang artinya mengetahui.

pengertian psikologi kognitif

Pengertian psikologi kognitif menurut moryan, Psikologi kognitif merupakan cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang proses mental yang terjadi pada saat penyimpanan kembali dari ingatan. Menurut solso (1991) psikologi kognitif adalah ilmu yang mempelajari proses-proses yang melandasi dinamika mental tentang jiwa yang berfikir.

Tujuan mempelajari psikologi kognitif

Tujuan mempelajari psikologi kognitf yaitu manusia memiliki alat impresif dan selalu bisa digunakan setiap menit, dalam penggunaan psikologi kognisi menggunakan pendekatan psikologi kognitis yang telah berpengaruh secara luas pada bidang psikologi lain.

tokoh psikologi kognitif

Ruang lingkup psikologi kogntif 

Neuro sains kognitif untuk mengetahui dan melihat proses mekanikal dan kimiawi

Sensasi atau persepsi untuk mendeteksi dan menginterperetasi informasi hanya untuk sementara

Pengenalan pola untuk mengartikan atau menginterpretasi pola tertentu

Atensi untuk memilih milih informasi apa saja dalam kognisi

Kesadaran

Memori

Pencitraan

Bahasa

Berfikir dan formasi konsep

Perkembangan kognitif

Kecerdasaan manusia dan kecerdasan buatan

 teori psikologi kognitif

Demikian informasi mengenai pengertian dan sejarah psikologi kognitif. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai sejarah perkembangan psikologi forensik.

Pengertian dan sejarah psikologi kognitif | | 4.5