Pengertian dan sejarah psikologi sosial

Psikologi sosial adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan kelompok. Para ahli di bidang ini pada umumnya adalah para ahli psikologi dan sosiologi. Psikologi sosial sempat dianggap tidak memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu psikologi, tapi kini hal itu sudah berubah. Dalam ilmu psikologi modern, psikologi sosial sudah mendapat posisi yang penting.

Ilmu ini telah memberikan pencerahan luas tentang bagaimana pikiran manusia berfungsi dan memperkaya jiwa dari kehidupan bermasyarakat. Melalui berbagai penelitian yang dilakukan secara sistematis, para psikolog sosial menunjukkan bahwa untuk dapat memahami perilaku manusia, kita harus mengenali bagaimana peran situasi, permasalahan, dan budaya.

psikologi sosial

Jenis psikologi ini juga bisa meneliti dampak atau pengaruh sosial terhadap perilaku manusia. Cakupan bidang ilmu ini sangat luas, mencakup berbagai bidang studi dan berbagai disiplin ilmu. Psikologi sosial juga sering digunakan dalam berbagai disiplin ilmu dan industri; banyak juga orang mempelajari psikologi sosial untuk mencoba mengendalikan kelompok, mempengaruhi pendapat seseorang, atau menjelaskan mengapa seseorang berperilaku dengan cara tertentu.

Akar psikologi sosial diletakkan di akhir 1800-an, ketika psikologi sebagai suatu disiplin yang berkembang di Eropa. Ketika Perang Dunia Pertama banyak psikolog melaju ke Amerika Serikat, psikologi sosial mulai muncul sebagai suatu disiplin yang berbeda di tahun 1920. Salah satu pengaruh utama di lapangan adalah Kurt Lewin, yang disebut “bapak” psikologi sosial oleh beberapa orang; lain psikolog sosial terkenal termasuk Zimbardo, Asch, Milgram, Festinger, Ross, dan Mischel.

Pengertian Psikologi Sosial

Seorang ahli psikologi sosial bisa melihat sikap, keyakinan, dan perilaku individu maupun kelompok. Bidang ini juga mempelajari interaksi antar individu, menganalisis cara seseorang berinteraksi dengan orang lain, baik secara tunggal atau dalam bentuk kelompok besar ataupun kecil. Ilmu psikologi sosial juga membahas pengaruh budaya seperti iklan, buku, film, televisi, dan radio.

Seperti banyak ilmuwan di bidang ilmu lainnya, psikolog sosial menggunakan metode empiris untuk melakukan penelitian di bidang mereka. Metode ini sering melibatkan percobaan yang bisa membawa isu-isu yang kompleks. Salah satu percobaan paling terkenal dalam disiplin ilmu psikologi sosial adalah percobaan penjara Stanford, namun akhirnya percobaan ini dihentikan karena kehidupan dalam penjara menjadi diluar kendali. Para ahli di bidang psikologi sosial ini melakukan sebaik mungkin komite etika dan panel review untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut secara etis diijinkan, dengan harapan menghindari pengulangan percobaan yang diragukan keberhasilannya.

 pengertian psikologi sosial

Demikian informasi mengenai pengertian dan sejarah psikologi sosial. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai pengertian dan sejarah psikologi kognitif.

Pengertian dan sejarah psikologi sosial | | 4.5