Pengertian dan teori psikologi komunitas

Psikologi Komunitas adalah suatu pendekatan terhadap kesehatan mental yang menekankan pada peran lingkungan dalam menciptakan dan mengurangi masalah. Psikologi Komunitas tidak dilakukan di klinik seperti pada umumnya psikolog klinis, tetapi lebih banyak dilakukan di lapangan atau di organisasi sosial tertentu, seperti organisasi berdasarkan agama, lokasi, maupun politik. Perspektif Psikologi Komunitas memperhatikan tiga hal utama, yaitu pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia), aktivitas politik dan ilmu pengetahuan.

teori psikologi komunitas

Fokus pembelajaran psikologi komunitas

Fokus Psikologi Komunitas tidak fokus terhadap gangguan di dalam diri dan juga tidak menyalahkan faktor lingkungan, melainkan fokusnya adalah interaksi antara orang-lingkungan, mengidentifikasi peran dan daya lingkungan yang dapat menciptakan/mengurangi masalah individu dan memusatkan diri pada pemberdayaan individu dan kelompok individu untuk lebih dapat menyesuaikan diri dengan keadaan.

Terdapat dua konsep pada pendekatan Psikologi Komunitas, yaitu pencegahan dan pemberdayaan.

Pencegahan

Psikologi Komunitas lebih memberikan perhatian pada sisi pencegahan daripada penanganan terhadap gangguan yang telah terjadi. Terdapat tiga pencegahat seperti dibawah ini.

manfaat mempelajari psikologi komunitas

Pencegahan primer adalah upaya melawan keadaan yang memungkinkan timbulnya gangguan sebelum gangguan itu terjadi. Kegiatan yang termasuk dalam pencegahan primer antara lain pemberian gizi pada balita, imunisasi, konseling pranikah, pemeliharaan prenatal bagi ibu-ibu yang kurang beruntung dan pemberian makanan bagi anak-anak.

Pencegahan sekunder adalah usaha diagnosis dini atas suatu keadaan yang bertujuan agar dapat dilakukan terapi atau penyembuhan pada tahap awal gangguan. Misalnya, deteksi dini pada mereka yang menderita kekurangan air. Upaya pemeriksaan harus sering dilakukan terhadap sejumlah besar populasi yang tidak mencari pertolongan karena mereka jarang merasa mempunyai penyakit.

Pencegahan tersier adalah upaya rehabilitasi terhadap orang yang memerlukan penyesuaian kembali ke kondisi awal karena penyakit atau trauma yang pernah dialaminya. Rehabilitasi ini bisa berupa konseling, pelatihan, konsultasi, terapi dan lain-lain.

pengertian psikologi komunitas

Pemberdayaan adalah upaya mencegah terbentuknya perasaan tak berdaya dan pasrah pada individu atau kelompok yang terkena dampak perubahan lingkungan atau sosial yang merugikan. Contohnya seperti korban pemerkosaan, penculikan, penipuan dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai pengertian dan teori psikologi komunitas. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai pengertian dan teori psikologi organisasi.

 

Pengertian dan teori psikologi komunitas | | 4.5