Pengertian dan teori psikologi organisasi

Psikologi organisasi adalah ilmu yang mempelajari manusia dalam hubungannya dengan organisasi (perilaku manusia dalam aturan yang telah ditetapkan organisasi). Fokus Ilmu psikologi organisasi lebih ke cara pengambilan keputusan dalam organisasi yang didasari oleh sistem, budaya, leadership dan human capital.

Semua konsep konsep dan teori awal, mulanya psikologi organisasi berasal dari psikologi sosial dan psikologi klinis (khususnya pada teori-teori kepribadian). Dalam perkembangannya, psikologi organisasi digabungkan dan dan disatukan dengan psikologi industri.

psikologi organisasi

Manfaat mempelajari psikologi organisasi

Psikologi organisasi mempelajari bagaimana organisasi mempengaruhi dan berinteraksi dengan anggota-anggota dalam organisasi tersebut. Pemahaman, penguasaan serta praktik pada psikologi organisasi dapat diterapkan pada perusahaan untuk mencapai kesuksesan dan membantu memberikan alternatif dan solusi terhadap perkembangan sistem  industri.

Kajian psikologi organisasi lebih menekankan pada pengembangan sistem manajemen sumber daya manusia seperti merancang sistem perekrutan, seleksi dan penempatan karyawan, penilaian potensi karyawan (assesment centre), pelatihan dan pengembangan, pelatihan kinerja, dan budaya perusahaan. Tujuan layanan jasa dan ilmu dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan lahir batin dan mencapai tingkat kualitas kehidupan kerja yang optimal.

pengertian psikologi organisasi

Perbedaan antara Perilaku Organisasi dengan Teori Organisasi yaitu didasarkan pada dua perbedaan antara unit analisanya dan pusat variabel tak bebas. Perilaku organisasi dirumuskan sebagai ilmu dari tingkah laku individu dan kelompok di dalam organisasi dan penerapan ilmu pengetahuan tertentu. Teori organisasi adalah ilmu tentang susunan, proses dan hasil organisasi itu sendiri.

Faktor pendukung utama dari suatu organisasi adalah manusia. Ilmu perilaku organisasi mengurangi sikap birokrat atau bos bosan yang tidak respektif pada manusia dengan cara menarik sebagian pandangannya dan menjadi terpusat pada perilaku manusia itu sendiri.

teori psikologi organisasi

Perkembangan ilmu perilaku manusia dalam organisasi, sejarahnya telah dimulai sejak awal perkembangan gerakan manajemen bahkan jauh sebelumnya dapat dikenali sebagai langkah awal dari pengambangan ilmu ini.

Demikian informasi mengenai pengertian dan teori psikologi organisasi. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai manfaat mempelajari psikologi kerja.

 

Pengertian dan teori psikologi organisasi | | 4.5