Pengertian Privasi Individu

Pengertian privasi individu adalah hasrat atau kehendak untuk mengontrol akses fisik maupun informasi terhadap diri sendiri dari orang lain, sedangkan personal space merupakan perwujudan dari privacy dalam bentuk ruang (space). Privacy adalah keinginan atau kecenderungan pada diri seseorang untuk tidak diganggu kesendiriannya, atau keinginan untuk melindungi ego diri dari gangguan yang tidak dikehendakinya.

pengertian privasi

Pengertian privasi individu

  1. Tingkah laku menarik diri dari lingkungan, terdiri atas keinginan untuk menyendiri, keinginan untuk menjauh dari pandangan dan gangguan suara tetangga dan kebisingan lalu lintas serta keinginan untuk intim dengan orang orang tertentu, misalnya dengan pacarnya tetapi jauh dengan semua orang.
  2. Keinginan untuk menjaga kerahasiaan diri yang berwujud dalam tingkah laku hanya memberi informasi yang dianggap perlu, mencakup keinginan untuk merahasiakan jati diri, keinginan untuk merahasiakan jati diri, keinginan untuk tidak mengungkapkan diri terlalu banyak kepada orang lain, dan keinginan untuk tidak terlibat dengan tetangga.

Pengertian privasi individu jenis pertama merupakan hak individu yang sudah diakui masyarakat, sedangkan privacy jenis kedua lebih mempunyai konotasi negative, tidak disukai masyarakat, dan tidak ada kaitannya dengan hak individu.

Dampak psikologis dari terganggunya privacy seseorang yaitu kurang percaya diri, mengisolir diri, tidak ceria, tidak bersahabat dengan orang lain, penuh curiga, cemas, mudah marah, mudah tersinggung, putus asa, acuh tak acuh dan phobia.

pengertian privasi individu

Territoriality

Territoriality merupakan perwujudan dari privacy. Territoriality adalah suatu pola perilaku yang ada hubungannya dengan kepemilikan atau hak seseorang atau sekelompok orang atas sebuah tempat atau lokasi geografis. Pola perilaku ini mencakup personalisasi dan pertahanan terhadap gangguan dari luar. Kepemilikan hak akan territorial dapat merupakan hak yang sebenarnya dimiliki, dan dapat juga hanya merupakan kehendak untuk menguasai suatu tempat. Konflik konflik teritori dapat terjadi karena manusia cenderung berperilaku tertentu dalam mewujudkan kepemilikan atau haknya atas teritori tertentu. Dampak psikologis yang timbul berkaitan dengan teritori ini dengan semakin terbatasnya daya  tamping dalam satu lingkungan tertentu, maka konflik antar orang semakin mudah terjadi.

Demikianlah informasi mengenai pengertian privasi individu. Untuk melihat artikel terbaru lainnya silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya adalah jenis jenis polusi.

Pengertian Privasi Individu | | 4.5