Pengertian psikologi menurut para ahli

Pengertian psikologi menurut para ahli memang berbeda beda. Kata psychology adalah dua kata yang bersumber dari bahasa Greek (Yunani), yaitu: psyche yang berarti jiwa;  logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah, pengertian psikologi adalah ilmu jiwa atau bisa di sebut ilmu yang mempelajari kejiwaan. Karena para ahli penekanan yang berbeda, maka definisi juga berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa pengertian psikologi menurut para ahli.

Pengertian psikologi menurut para ahli

Beberapa pengertian psikologi menurut para ahli

Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 tahun 1990, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
Dakir (1993) menyatakan bahwa psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
Muhibbin Syah (2001) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup  manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan atau kegiatan seperti berbicara, duduk , berjalan dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi kegiatan berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
Dr. Singgih Dirgagunasa menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
Pengertian psikologi menurut para ahli terkemuka

Pengertian psikologi menurut para ahli seperti Plato dan Aritoteles menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
Jhon Broadus Watson menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan.
Wilhem Wundt menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.
Pengertian psikologi menurut para ahli seperti Woodworth dan Marquis menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar.
Pengertian psikologi menurut para ahli yang bersangkutan

Mussen dan Rosenzwieg menyatakan bahwa pada masa lampau psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang  “mind” (pikiran), tapi dalam perkembangannya kata mind berubah menjadi “behavior” (tingkah laku), sehingga psikologi  didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.
Pengertian psikologi menurut para ahli seperti Clifford T. Morgan menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan hewan.
Moskowitz dan Orgel menyatakan bahwa psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan empirik yang berdasarkan atas observasi dan penelitian eksperimental, pokok persoalannya adalah tentang tingkah laku manusia.
Rene Descartes menyatakan bahwa psikologi adalah Ilmu pengetahuan mengenai gejala pemikiran atau gejala kesadaran manusia, terlepas dari badannya.

Pengertian psikologi menurut para ahli seperti
Jhon Locke menyatakan bahwa psikologi adalah semua pengetahuan, tanggapan, dan perasaan jiwa manusia diperoleh karena pengalaman melalui alat-alat indranya.
Pengertian psikologi menurut para ahli seperti Richard Mayer (1981) menyatakan bahwa psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.
Bruno (1987) menyatakan bahwa psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu studi (penyelidikan) mengenai “roh”, ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Dan ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.
Garden Murphy menyatakan bahwa psikologi adalah Ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.
George Berkeley menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu tentang penginderaan (persepsi)
Pengertian psikologi menurut para ahli yaituSartain menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).

Pengertian psikologi menurut para ahli  seperti Chaplin (1972) dalam Dictionary of psychology menyatakan bahwa psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai prilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam kerumitannya ketika bereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakan yang mengubah lingkungan.

Ensiklopedia Pendidikan, Poerbakawatja dan Harahap (1981) menyatakan bahwa psikologi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan – kegiatan jiwa.

Kenneth Clark dan George Millter menyatakan bahwa psikologi biasanya didefinisikan sebagai studi ilmiah mengenai perilaku. Lingkungan mencakup berbagai proses perilaku yang dapat diamati, seperti gerak tangan; cara berbicara dan perubahan kejiwaan dan proses yang hanya dapat diartikan sebagai pikiran dan mimpi.

Norman Munn menyatakan bahwa psikologi secara umum didefinisikan sebagai “ilmu mengenai perilaku”, hal yang menarik bahwa  perilaku telah mengalami perkembangan sehingga sekarang ikut menangani hal yang pada masa lampau disebut pengalaman. Hal-hal pribadi seperti proses subjektif seperti berpikir.

Pengertian psikologi menurut para ahli psikologi
Arthur Gates menyatakan bahwa psikologi mencoba menemukan peraturan umum yang menerangkan perilaku organisme hidup. Psikologi mencoba menunjukkan, menerangkan, dan menggolongkan berbagai macam kegiatan yang sanggup dilakukan oleh binatang, manusia, atau lainnya.

Kurt Koffka menyatakan bahwa psikologi adalah studi ilmiah mengenai perilaku makhluk hidup dalam hubungan mereka dengan dunia luar.

Demikian informasi mengenai Pengertian psikologi menurut para ahli. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai manfaat mempelajari psikologi pendidikan.

 

Pengertian psikologi menurut para ahli | | 4.5