Penyebab anak remaja melakukan Bunuh Diri

Setiap orangtua perlu mengetahui penyebab anak remaja melakukan bunuh diri. Tidak sedikit kita mendengar ada remaja yang coba coba bunuh diri di lingkungan kita. Perlu diketahui bahwa penyebab anak remaja melakukan bunuh diri bukanlah hal yang berat berat seperti dibully, kecewa dengan orangtuanya dan lain lain.

Penyebab anak remaja melakukan Bunuh Diri

Beberapa penyebab anak remaja melakukan bunuh diri

1.Anak remaja sering dibully di media sosial atau depresi reaktif.

Orangtua perlu memantau kegiatan anak di sosial media dan mengajarkan bagaimana sikap yang benar dalam memakai dan menggunakan sosial media. Jauhkan anak dari informasi yang berhubungan dengan pembunuhan, bunuh diri, atau hal kriminalitas lainnya. Hal ini disebut depresi reaktif. Depresi reaktif adalah depresi yang diawali dari kekecewaan oleh masalah kecil sehari-hari..

2.Kurangnya pendidikan dan pemahaman karakter dan ilmu agama pada anak.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orangtua untuk mengajarkan pendidikan karakter dan pentingnya ilmu agama dalam kehidupan anak kelak. Jadikan kisah kisah dalam kitab suci sebagai sumber pendidikan karakter dan menghindari anak dari perbuatan buruk lainnya.

3.Anak memiliki gangguan psikologi

Tidak sedikit kasus bunuh diri pada remaja karena disebabkan oleh gangguan psikologis. Gangguan psikologis nya seperti gangguan suasana hati (mood disorder), depresive disorder, dysthymic disorder atau bipolar disorder. 

Orangtua perlu untuk mengetahui dan mendeteksi setiap perilaku aneh pada anak dan melakukan upaya terbaik untuk menghilangkan perilaku aneh tersebut. Jangan lupa bahwa orangtua perlu untuk introspeksi terlebih dahulu sebelum menginginkan perilaku yang baik pada anak.

beberapa Penyebab anak remaja melakukan Bunuh Diri

Demikian informasi mengenai penyebab anak remaja melakukan bunuh diri. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai usia yang tepat anak masuk sd.

Penyebab anak remaja melakukan Bunuh Diri | | 4.5