Penyebab mengapa anak balita susah makan

Setiap calon orangtua wajib tahu penyebab mengapa anak balita susah makan supaya nanti tidak kaget dan cemas berlebihan ketika anak susah makan. Ketika orangtua melihat balita susah makan tentu saja akan menjadi permasalahan tersendiri bagi orang tuanya. Dengan sulitnya makan maka kebutuhan nutrisi balita tidak terpenuhi, yang nantinya akan mempengaruhi tumbuh kembang anak dimasa depannya. Sebenarnya hal yang bisa dilakukan sebelum hal ini menimpa anak anda yaitu orangtua mengajarkan pola makan teratur setiap harinya mulai dari umur enam bulan hingga usia tiga tahun.

Bagi balita, makan memiliki 3 manfaat yaitu terpenuhinya gizi, sarana pendidikan dan hiburan bagi anak. Dengan pentingnya manfaat dari kegiatan makan yang teratur tersebutlah masalah anak susah makan harus diatasi. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah dengan mengetahui penyebabnya.

beberapa Penyebab mengapa anak balita susah makan

Beberapa penyebab mengapa anak balita susah makan

Penyebab pertama yang umum adalah rasa cemas.

Ketika kondisi hati sedang cemas, apapun yang dilakukan anak akan terasa tidak enak. Keadaan cemas anak berasal dari orangtuanya. Oleh karena itu usahakan agar orangtua selalu meluangkan waktu untuk makan bersama anak dan mengisi kegiatan makan bersama anak ini kegiatan yang menyenangkan. Selalu berikan dukungan dan semangat pada saat anak makan.

Jika orangtua melihat keadaan seperti gelisah, berkeringat dingin, berdebar-debar, sulit konsentrasi, susah tidur maka orangtua harus segera menenangkan anak agar tidak berdampak pada hal lainnya.

Penyebab yang kedua yaitu depresi.

Anak yang stress atau depresi bisa membuat anak terlalu banyak makan sehingga menjadi obesitas atau anak sulit untuk makan. Untuk itu orangtua harus berusaha sekuat mungkin untuk menghindari anak dari penyebab depresi seperti ejekan orang lain, digoda, kekerasan dan lain sebagainya yang mungkin dialami anak.

Hubungan anak yang tidak baik dengan orangtua.

Sebagai orangtua, kita memang dituntut untuk bekerja lebih, tahu lebih, dan lebih banyak sabar menghadapi anak. Tidak sedikit anak yang ketika anaknya rewel ketika makan, orangtuanya malah mengancam, memaksa anak. Hal ini justru akan membuat kondisi anak dan orangtuanya menjadi buruk. Jika kondisi anak tertekan dengan keadaan di rumah maka tentu saja anak akan semakin rewel ketika disuruh makan.

Selalu buat menu yang bervariasi, rasa yang berbeda, bentuk yang berbeda dan warna yang berbeda beda. Usahakan kegiatan anak menjadi kegiatan yang menyenangkan danĀ  selalu ditunggu tunggu anak.

Penyebab mengapa anak balita susah makan

Demikianlah informasi mengenai penyebab mengapa anak balita susah makan, semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai makanan selingan yang sehat untuk anak.

Penyebab mengapa anak balita susah makan | | 4.5