Penyebab tingginya resiko keguguran pada ibu hamil

 

Setiap ibu hamil perlu tahu Penyebab tingginya resiko keguguran pada ibu hamil. Keguguran bisa terjadi pada siapa saja. Janin yang lemah dan tidak berkembang dengan seharusnya bisa menjadi penyebab terjadinya keguguran.

Penyebab tingginya resiko keguguran pada ibu hamil

Beberapa penyebab tingginya resiko keguguran pada ibu hamil.

Usia. Usia ibu hamil yang lebih dari 35 tahun lebih beresiko mengalami keguguran. Karena ovum istri dan juga sperma suami rentan mengalami kerusakan genetik. Sekitar 1 dari 3 kehamilan yang terjadi diatas usia 40 an bisa berakhir dengan keguguran.

Kadar vitamin dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan vitamin D dan B bisa meningkatkan resiko ibu hamil untuk mengalami keguguran. Selain itu terlalu banyak vitamin A juga bisa membahayakan kehamilan. Oleh karena itu sering seringlah berkomunikasi dan memeriksakan kesehatan anda dan janin pada dokter kandungan anda.

Ketidak seimbangan hormon tiroid dalam tubuh. Hormon tiroid berfungsi mengatur kecepatan tubuh membakar energi, memproduksi protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Hormon ini bisa mempengaruhi seluruh fungsi tubuh dan kadar hormon lain dalam tubuh termasuk hormon yang berpengaruh dalam kehamilan.

Kelebihan atau kekurangan berat badan ibu hamil. Wanita hamil yang obesitas (BMI lebih kurang 30 atau lebih) akan memiliki resiko keguguran lebih tinggi. Ini juga terjadi pada wanita dengan BMI kurang dari 18 akan lebih rentan mengalami keguguran.

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Selain berdampak buruk bagi ibu hamil, rokok dan minuman alkohol juga bisa menyebabkan rendahnya kualitas sperma laki laki.

Lingkungan yang tidak sehat seperti kotor dan adanya paparan polusi racun.

Jarak kehamilan. Ibu yang hamil lagi kurang dari setahun setelah melahirkan akan meningkatkan resiko terjadinya keguguran. Jarak yang ideal untuk hamil lagi adalah ketika anak sudah berusia 2 tahun.

Demikian informasi mengenai Penyebab tingginya resiko keguguran pada ibu hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai daftar barang yang tidak boleh disimpan dalam kamar mandi.

Penyebab tingginya resiko keguguran pada ibu hamil | | 4.5