Perbuatan yang termasuk dalam KDRT

Setiap orang perlu tahu perbuatan yang termasuk dalam KDRT. Jika kita sebelumnya hanya berpikir bahwa KDRT itu hanya ketika seorang suami memukul atau menampar istrinya. Sebenarnya KDRT tidak hanya soal pukul-memukul namun ada juga hal lain yang tidak kalah pentingnya.

KDRT dalam Undang undang yaitu setiap perbuatan terhadap seseorang, terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga, termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.

Perbuatan yang termasuk dalam KDRT

Beberapa perbuatan yang termasuk dalam KDRT.

Melakukan sesuatu sendiri sendiri.

Suami pulang bawa makanan lalu dimakan sendiri tanpa membagi pada istri. Suami beli baju baru tanpa membelikan baju baru pada istri. Hal tersebut adalah perbuatan KDRT. Dikatakan demikian karena suami tersebut tidak memberikan istri apa yang sudah menjadi haknya.

Memukul atau mencederai bagian tubuh terutama dibagian wajah.

Jangan pernah sekali kali memukul istri di wajah karena itu akan memberikan kesan mendalam pada istri. Baik suami atau istri tidak boleh melakukan kekerasan dalam bentuk apapun seperti menampar, memukul, melukai hingga menyakiti fisik.

Suka menjelek jelekkan

Tidak sedikit suami istri yang gara gara hal sepele menjadi saling memaki, saling menjelekkan dan saring merendahkan. Yakinlah setiap perkataan kasar yang dilontarkan pasangan sudah pasti akan melukai perasaan. Dan lebih buruk lagi bisa merusak psikologis istri, istri menjadi rendah diri, mudah takut dan sedih yang berlebihan.

Jangan menahan istri untuk terus dirumah dan mendiamkannya. Walaupun istri melakukan kesalahan, jangan pernah memboikot istri lebih dari tiga hari.

Suami menolak untuk berhubungan badan ketika istri meminta.

Secara garis besar KDRT bisa berbentuk apapun yang melukai fisik ataupun psikologis.

Demikian informasi mengenai perbuatan yang termasuk dalam KDRT. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara agar tetap harmonis di awal pernikahan.

Perbuatan yang termasuk dalam KDRT | | 4.5