Perempuan adalah ibu kehidupan

Perempuan adalah ibu kehidupan dan merupakan permata kehidupan. Dalam setiap saat hidupnya, Tuhan memberikan tubuh dan wajah yang indah dan menawan. wanita menjadi tempat berlindung anak anaknya. Sehingga menjadi perempuan adalah sebuah kebanggaan. Dari rahim wanita, kehidupan dilahirkan, kehidupan diperjuangkan, dan kehidupan mendapatkan maknanya. Peradaban dunia tak akan ada suram tanpa hadirnya sosok perempuan. Nafas wanita selalu menghadirkan kedamaian, kesejukan, dan ketentraman. Para nenek moyang mengatakan bahwa perempuan merupakan sosok yang penuh pengertian, mengedepankan cinta, keadilan, kemanusiaan, dan melewati egoism dan egosentrisme.

Perempuan adalah ibu kehidupan, sejarah umat manusia menempatkan wanita sangat luhur. Walaupun ada sejarah umat manusia telah menempatkan wanita dalam jalan yang buruk. Akan tetapi ruh wanita selalu menghiasi jalannya peradaban dengan penuh rasa. Dengan adanya wanita maka menjadi sempurna keinginan Adam ketika diciptakan Tuhan. Dari Hawa, Adam mendapatkan kehidupan, sehingga perjalanan hidupnya di masa depan bisa semakin sempurna lewat kehadiran anak anaknya. Hawa adalah ibu kehidupan bagi Adam.

Perempuan

Perempuan adalah ibu kehidupan

Meskipun wanita adalah ibu kehidupan, masih banyak ruang public yang tidak diberikan bagi wanita, hal ini disebabkan masih kurangnya perhatian public akan diri wanita. Berbagai diskriminasi dan praktek kekerasan memperlihatkan peradaban yang hanya dibangun kaum pria. Hal ini memungkinkan terjadi banyaknya kekerasan dan kebiadaban. Ideology maskulinisme telah menjadikan peradaban penuh dengan rasa sakit, sehingga wajah peradaban terasa menyeramkan. Praktek politik yang sedikit melibatkan wanita terasa gampang menyebabkan perang dan amarah. Karena nafsu kehidupan laki laki hanya diliputi dengan keinginan menang sendiri.

Sebagai ibu kehidupan, tanggungjawab wanita tidaklah mudah. Di tengah zaman yang penuh hal kemunafikan, wanita harus mampu menempatkan dirinya sebagai nafas kehidupan yang bisa memberikan kedamaian, ketentraman dan keindahan. Ini bukan berarti hanya cukup dengan tampil cantik dan mempesona secara fisik, akan tetapi wanita harus bisa tampil di hadapan public untuk membantu kaum tertindas, menolak kebiadaban, dan melanjutkan gerakan kemanusiaan yang terus mengedepankan keadilan, cinta dan kesetaraan.

Hak yang sangat diperhatikan di sini adalah hak wanita untuk mendapatkan pendidikan yang layak, tidak dibedakan dengan pria. Ketika pendidikan wanita setara dengan laki laki yang mampu menempuh pendidikan tinggi maka kehidupan wanita akan menjadi lebih baik. Selain itu, wanita layak untuk mendapatkan lingkungan yang ramah perempuan, sehingga tidak akan terjadi kekerasan pada wanita, baik kekerasan fisik maupun kekerasan mental.

Dalam diri wanita terdapat berbagai potensi yang yang besar untuk kepentingan luas dan bukan dibiarkan begitu saja bahkan menganggap hal tersebut tidak penting, karena itulah banyak orang mengatakan bahwa wanita adalah ibu kehidupan. Potensi dalam diri wanita akan merubah peradaban perempuan bahkan peradaban manusia.

untuk melihat artikel terbaru silahkan lihat di halaman home. untuk artikel berikutnya silahkan lihat di peran perempuan dalam budaya patriarki.

Perempuan adalah ibu kehidupan | | 4.5