Perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil

Setiap ibu hamil perlu tahu perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil. Ketika hamil banyak sekali hormon seperti hormon progesteron, estrogen, melanocyte stimulating hormone, human chorionic gonadotrophin, human placental lactogen dan relaxin mengalami peningkatan, yang menyebabkan perubahan pada tubuh ibu.

Perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil

Beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil.

Rambut semakin tebal karena tumbuhnya menjadi cepat dan tidak rontok. Namun akan rontok kembali secara teratur setelah melahirkan. Untuk menjaga kesehatan rambut pilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda.

Kepala sering sakit atau pusing. Ketika ibu mengalami sakit kepala atau pusing, ibu bisa mengkonsumsi obat sakit kepala yang sudah disetujui dokter kandungan anda.

Wajah akan berjerawat. Cuci muka dua kali sehari dan jangan memencet jerawat dan tanya obat jerawat yang aman untuk ibu hamil pada dokter kandungan anda.

Mata menjadi kering dan mudah iritasi.

Hidung ibu akan sering mampet. Untuk mengatasinya ibu bisa melakukan penguapan agar lapisan dalam hidung terjaga kelembapannya.

Gusi mudah berdarah. Gosok gigi secara rutin dan pakai pasta gigi yang aman untuk ibu hamil.

Perut sering gatal karena kulit di bagian perut meregang yang membuatnya kering dan menimbulkan stretch mark. Untuk mengatasinya oleskan pelembap khusus untuk mengurangi gatal.

Tangan sering gatal dan mudah bengkak.

Jantung sering berdetak lebih kencang. Ketika ini terjadi, coba untuk istirahat dan rileks.

Napas akan mudah sesak karena paru paru dan organ lainnya sedikit tertekan karena desakan kandungan yang membesar.

Payudara membesar dan melunak yang menandakan siap untuk proses menyusui. Puting akan mengering dan gatal.

Punggung akan mudah sakit dan pegal.

Bagian bokong akan sering merasa pegal dan tegang akibat pinggul melebar dan membesar.

Kaki sering bengkak atau kram di akhir kehamilan karena cairan tubuh yang berkumpul di kaki. Cara mengatasinya yaitu dengan rendam kaki di air hangat yang diberi sedikit garam.

Demikian informasi mengenai Perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab kontraksi pada saat hamil dan cara mengatasinya.

 

Perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil | | 4.5