Semua tentang tips interview kerja

Tips interview kerja yang bisa kamu gunakan saat dipanggil interview seperti di bawah ini.

Beberapa tips interview kerja

Tips interview kerja yang pertama yaitu survey lokasi wawancara. Sebelum hari H, survey lokasi wawancara kerja terlebih dahulu. Perhitungan jarak dan waktu disertai antisipasi jika ada kemacetan atau ada hal hal yang tidak terduga sebelumnya.

Datang lebih awal dari jam yang disepakati. Datanglah minimal 30 menit sebelum wawancara dimulai. Dengan datang lebih cepat, anda bisa melihat situasi dan kondisi tempat anda akan diinterview dan bisa digunakan untuk menenangkan diri sejenak.

tips interview kerja lengkap

Siapkan jawaban atas pertanyaan yang mungkin akan ditanya saat wawancara. Dengan mempersiapkan diri dengan jawaban yang tepat maka anda bisa mengurangi rasa gugup atau salah jawaban di depan pewawancara.

Berpakaian rapih dan formal. Dengan berpakaian rapih, anda bisa memberikan first impression yang baik dan memberikan penilaian psikologis yang baik bagi si pewawancara.

Tips interview kerja yang berikutnya yaitu mulai dan akhiri wawancara dengan sapaan dan jabat tangan yang tegas.

Pertanyaan yang bisa anda pelajari sebelum wawancara kerja

Tips menjawab pertanyaan “Situasi tersulit apa yang pernah anda hadapi, dan bagaimana menyikapi dan mengatasinya”. Para pewawancara ingin tahu dan ingin menilai perilaku anda di masa lalu dan memprediksi perilaku anda yang mungkin akan anda lakukan di masa depan serta sikap apa yang akan anda ambil untuk menyelesaikan masalah.

tips interview kerja komplit

Untuk menjawab pertanyaan semacam ini, berikan saja contoh konkrit situasi yang pernah anda alami lalu bagaimana cara terbaik anda dalam memecahkan masalah tersebut. Gunakanlah skala prioritas dalam menyelesaikan masalah seperti apakah masalah ini penting dan mendesak. Ingat bahwa buatlah jawaban tetap positif tapi jelas.

Tips menjawab pertanyaan berapa gaji yang diinginkan. Sebenarnya ini hanya pertanyaan menjebak dan tidak perlu dijawab dengan melantur karena setiap perusahaan sudah memiliki standar gaji untuk posisi tertentu. Tugas anda adalah mencari informasi mengenai perusahaan itu dan berapa gaji untuk posisi yang anda lamar.

Tips menjawab pertanyaan mengapa kami harus mempekerjakan anda. Ini adalah pertanyaan jebakan untuk melihat reaksi anda, tetaplah tenang dan anda harus benar benar bisa memberikan alasan yang tepat untuk menjawabnya. Jika anda memiliki pengalaman kerja, maka tunjukkan semua kemampuan anda untuk keuntungan perusahaan. Katakan dengan jujur serta penuh percaya diri bahwa anda sangat berharap untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut, tapi jangan menjawab secara berlebih lebihan.

tips interview kerja yang benar

Tips untuk menjawab pertanyaan apakah anda bersedia bekerja lembur. Ini juga adalah pertanyaan jebakan karena tidak ada karyawan yang ingin lembur kerja sampai larut malam dan tidak ada perusahaan yang dengan rela membiarkan pekerjanya bekerja lembur terlalu sering karena ini adalah indicator bahwa tidak adanya ke efisien an kerja para karyawannya. Oleh karena itu jawab saja dengan tenang, katakan bahwa jika jika ada pekerjaan mendesak yang harus cepat diselesaikan, saya akan mengambil cuti, namun saya lebih senang jika pekerjaan yang diberikan kepada saya bisa selesai tepat pada waktunya.

Demikian informasi mengenai semua tentang tips interview kerja. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai berbagai tips melahirkan normal.

 

Semua tentang tips interview kerja | | 4.5