tips lahiran normal secara umum

Tips lahiran normal memang beragam sesuai dengan keadaan dan kondisi ibu menurut pandangan dokter. Jika sekedar ingin tahu saja maka informasi tips lahiran normal dibawah ini diharapkan sedikit berguna.

Beberapa tips lahiran normal seperti

Mengikuti kelas ibu hamil sejak awal kehamilan. Dalam kelas ibu hamil, ibu hamil bisa menyampaikan keluhan dan mendapatkan perawatan selama kehamilan, saat persalinan dan juga setelah persalinan yang sangat berhubungan dengan perawatan tubuh terutama perawatan nifas dan pilihan kontrasepsi yang cocok. Berbagi pengalaman dengan ibu hamil lainnya dalam kelas ibu hamil bisa membuat anda lebih tenang dan dapat meredakan kecemasan. Jika rasa tenang sudah didapatkan maka peluang untuk melahirkan secara normal akan terbuka lebar.

tips lahiran normal

Pandai pandai memilih layanan kesehatan untuk kelahiran normal. Walaupun proses persalinan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berapa usia ibu hamil, kesehatan ibu hamil dan keadaan kehamilan akan tetapi bantuan dari penyedia layanan kesehatan dapat membantu untuk melahirkan secara normal. Mintalah rekomendasi pada keluarga dan rekan yang telah melewati proses melahirkan untuk memilihkan penyedia layanan kesehatan yang terbaik.

Pandai pandai mengatur kenaikan berat badan selama masa kehamilan. Pengaturan berat badan selama masa kehamilan berhubungan erat dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan selama pertumbuhan janin. Kenaikan berat badan yang signifikan terlihat pada usia kehamilan yang memasuki trimester kedua dan ketiga. Selama kehamilan kenaikan berat badan yang normal yaitu berkisar 12-15 kg. Kenaikan berat badan yang melebihi berat diatas maka akan sedikit menyulitkan anda dalam proses persalinan normal.

Mempersiapkan posisi bayi agar mempermudah saat kelahiran. Sering seringlah melakukan posisi sujud untuk memudahkan proses kelahiran bayi dari rahim.

tips lahiran normal secara umum

Mempersiapkan asupan energy ekstra untuk mendukung persalinan normal. Konsultasikan dengan tim dokter yang akan melayani proses persalinan anda tentang kenaikan berat badan yang ideal selama kehamilan, sehingga dapat menimalisir kemungkinan berat badan yang berlebih tetapi tetap mendapatkan energi ekstra menjelang persalinan normal.

Buat diri anda serileks mungkin. Berolah raga ringan di kolam renang, mengompres menggunakan air hangat  bisa membuat anda lebih tenang dan bersantai. Selain itu anda juga bisa merileks kan tubuh dengan cara mengatur nafas, bermeditasi, berjalan kaki, mendapatkan pijat, mendengarkan music atau mendengarkan ayat ayat suci.

tips lahiran normal dengan senam

Demikian informasi mengenai tips lahiran normal secara umum. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai berbagai tips renang untuk pemula.

tips lahiran normal secara umum | | 4.5