Tujuan mempelajari psikologi konseling

Psikologi konseling adalah gabungan kegiatan yang selaras dari berbagai bimbingan, kesehatan mental, psikometri, kasus-kasus social, dan psikoterapi.

Tujuan Tujuan mempelajari Psikologi Konseling

Psikologi konseling secara umum bertujuan untuk mengembangkan penggunaan teori-teori psikologi dalam konseling kepada target konseling. Teori-teori psikologi konseling ini di antaranya teori psikologi Freudian, teori psikologi Behavioristik, dan teori psikologi Humanistik.

Secara khusus, tujuan psikologi konseling adalah untuk melakukan pengkajian secara sistematis, logis, dan objektif terhadap variable variabel yang berpengaruh terhadap konseling.

pengertian psikologi konseling

Berbagai Variable konseling

Hakikat, tujuan, prinsip-prinsip, dan asas asas konseling

Karakteristik dan kompetisi konselor professional

Karakteristik konseli dan masalah-masalahnya

Pengembangan kondisi pikologis yang menunjang berlangsungnya proses konseling

Upaya mengatasi hambatan-hambatan dalam proses konseling

Pengkajian dan pengembangan teori-teori psikologi untuk diterapkan ke dalam pelayanan konseling

Pengkajian dan pengembangan teknologi dalam konseling

Metode Metode dalam pengembangan Psikologi Konseling

Dilihat dari waktu pelaksanaan konseling, metode pengembangan psikologi konseling dapat dibedakan menjadi dua, yaitu metode longitudinal dan metode cross-sectional.

psikologi konseling

  1. Metode Longitudinal

Metode longitudinal adalah metode pengembangan yang dilakukan dalam kurun waktu cukup lama untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan. Aktivitas pengembangan dilakukan hari demi hari dan seterusnya. Jika ada suatu perubahan dari aspek perjalanan pengembangan, metode ini digunakan untuk mengembangkan psikologi konseling secara vertical (kedalaman).

Contoh : Konselor hendak mengembangkan penerapan teori-teori konseling seperti  teori gestalt, cognitive behavioral therapy, interaksional, atau transaksional, untuk membantu pasien yang menderita depresi.

  1. Metode Cross-sectional

Berbeda dengan metode longitudinal, metode cross-sectional adalah metode pengembangan yang tidak membutuhkan waktu terlalu lama, dengan kata lain hanya menggunkan waktu yang cukup singkat dapat diperoleh data-data yang banyak dengan menggunakan sampel lebih dari satu pasien. Jadi metode ini digunakan untuk mengembangkan psikologi konseling secara  mendatar atau horizontal. Metode yang digunakan antara lain:

teori psikologi konseling

  1. Metode Introspeksi adalah metode penghayatan terhadap kehidupan psikisnya sendiri, ini merupakan sumber pengenalan yang penting dalam psikologi konseling. Metode introspeksi dapat dilakukan secara eksperimental ataupun non eksperimental.
  2. Metode Ekstrospeksi adalah metode pengamatan yang sistematis terhadap kehidupan psikis orang lain, untuk memahami ciri khas individu tersebut. Penggunaan metode ini sangat berguna bila digunakan bersama dengan metode introspeksi.
  3. Metode Kuesioner adalah metode pengembangan psikologi konseling dengan menggunakan daftar pertanyaan baik tertulis ataupun lisan.
  4. Metode Interview adalah metode pengembangan pikologi konseling yang dilaksanakan dengan melakukan wawancara kepada sejumlah responden dengan menggunakan pedoman wawancara.
  5. Metode Dokumentasi adalah suatu teknik untuk memperoleh informasi dengan cara mempelajari berbagai dokumen yang telah didokumentasikan.
  6. Metode Sosiometri adalah metode untuk memperoleh data mengenai hubungan social pasien. Dengan tekhnik ini, dapat diperoleh data tentang susunan hubungan antar-individu, struktur hubungan individu, intensitas hubungan, dan arah hubungan social individu.
  7. Metode Biografi adalah metode yang efektif bila digunakan untuk menggali informasi yang mendalam mengenai berbagai kejadian yang telah dialami oleh individu pasien.
  8. Metode kelompok adalah pengembangan yang dilakukan dengan menggunkan dinamika kelompok (group dinamics).

perkembangan psikologi konseling

Demikian informasi mengenai tujuan mempelajari psikologi konseling. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai tujuan mempelajari psikologi lintas budaya.

Tujuan mempelajari psikologi konseling | | 4.5