Tujuan mempelajari psikologi lintas budaya

Psikologi lintas budaya adalah cabang ilmu psikologi yang menaruh perhatian pada pengujian berbagai kemungkinan antara batas  pengetahuan dengan mempelajari orang-orang dari berbagai budaya yang berbeda. Dalam arti sempit, psikologi lintas budaya hanya berarti melibatkan unsur latar belakang keragaman budaya yang berbeda dalam memaknai hal psikologis. Dalam arti luas, psikologi lintas budaya terkait dengan pemahaman atas kebenaran dan prinsip-prinsip psikologis yang bersifat universal ataukah khas budaya.

psikologi lintas budaya

Psikologi lintas budaya adalah kajian mengenai persamaan dan perbedaan fungsi individu secara psikologis, dalam berbagai budaya dan kelompok etnik; mengenai hubungan diantara sosio-budaya, ekologis, dan biologis.

Definisi lain yang menekankan beberapa kompleksitas psikologi lintas budaya

Riset lintas budaya dalam psikologi adalah perbandingan sistematis dan eksplisit antara variabel psikologi dibawah kondisi perbedaan budaya dengan maksud mengkhususkan berbagai anteseden dan proses proses perantara (mediate) kemunculan perbedaan perilaku.

Psikologi lintas budaya mencakup kajian persoalan yang bersumber dari dua budaya atau lebih, dengan menggunakan metode pengukuran ekuivalen, untuk menentukan batas-batas yang dapat menjadi pijakan teori psikologi dan jenis modifikasi teori yang diperlukan agar menjadi universal.

Psikologi lintas budaya adalah kajian empirik mengenai anggota kelompok budaya yang memiliki perbedaan pengalaman, yang dapat membawa kearah perbedaan perilaku yang signifikan. Dalam sebagian besar kajian, kelompok-kelompok yang dikaji biasa berbicara dengan bahasa berbeda dan dibawah pemerintah politik yang berbeda.

teori psikologi lintas budaya

Psikologi lintas budaya berkutat dengan kajian sistematik mengenai perilaku dan pengalaman sebagaimana itu terjadi dalam budaya yang berbeda, yang dipengaruhi budaya atau mengakibatkan perubahan-perubahan dalam budaya yang bersangkutan.

 

Tujuan mempelajari psikologi lintas budaya

Pengujian pengetahuan dan teori psikologis yang ada. Tujuan ini berusaha membawa hipotesis dan temuan para psikolog ke lingkungan budaya lain untuk menguji daya terapannya dalam kelompok manusia lain.

Menjelajah budaya lain untuk menemukan variasi psikologis yang tidak dijumpai dalam budaya seseorang yang memang terbatas. Tujuan kedua ini memperjelas tujuan pertama, sehingga dapat merampatkan dan mencari tahu sebab atau menemukan cara alternatif (yang mungkin khas budaya setempat). Tujuan kedua ini membuka mata terhadap aspek-aspek perilaku yang baru.

Berusaha menjalin dan mengintegrasikan hasil-hasil penelitian ke dalam sebuah psikologi berwawasan luas ketika tujuan pertama dan kedua tercapai. Dalam tujuan ini menetaskan sebuah konstruksi psikologi yang mendekati universal bagi budaya yang lebih luas.

pengertian psikologi lintas budaya

Tujuan lainnya yaitu; menyusun bangunan pengetahuan (body of knowledge) tentang manusia yang berbudaya, memanfaatkan pengetahuan psikologi lintas budaya bagi kehidupan manusia yang lebih baik, melihat kedua perilaku universal dan perilaku yang unik untuk mengidentifikasi bagaimana dampak perilaku tertentu, kehidupan keluarga, pendidikan, pengalaman sosial dan daerah lainnya, dan mengatahui persamaan dan perbedaan dalam fungsi individu dalam berbagai budaya dan kelompok etnik.

Demikian informasi mengenai tujuan mempelajari psikologi lintas budaya. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan kunjungi home. Artikel berikutnya mengenai pengertian dan teori psikologi komunitas.

Tujuan mempelajari psikologi lintas budaya | | 4.5