Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG

Setiap ibu yang hamil perlu tahu waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG (ultrasonografi). Tes skrining pertama yang harus dilakukan saat hamil adalah Ultrasonografi (USG). Tes ini harus dilakukan di setiap trimester untuk memeriksa kemungkinan terjadinya malformasi (perkembangan abnormal suatu organ atau jaringan) serta kelainan kromosom. Cara pemeriksaannya yaitu dengan menempelkan alat transducer di perut anda yang akan mengeluarkan gelombang suara ultra sehingga di monitor akan tampak tampilan janin. Atau pula bisa dengan cara transvaginal yaitu memasukkan alat transducer ke dalam vagina.

Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG

Beberapa waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG.

Trimester 1 (3 bulan pertama) atau pada usia kehamilan 8-10 minggu, yang bertujuan untuk melihat panjang dan gerak bayinya.

Trimester 2 (6 bulan) atau pada usia kehamilan 18-20 minggu, untuk melihat ukuran kepala, paha, lingkar perut, kondisi jantung (saat di trimester 2, jantung sudah memiliki empat bilik), serta kemungkinan adanya kelainan di otak.

Trimester 3 (9 bulan) atau pada usia kehamilan 34-36 minggu, untuk melihat apakah bayi mengalami lemah jantung, ginjalnya berfungsi atau tidak, serta kelengkapan organ lainnya.

Demikian informasi mengenai Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil.

Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG | | 4.5